Mitsubishi Minicab MiEV Bakal Jadi Kendaraan Komersial 4 Perusahaan

Kompas.com - 27/07/2022, 17:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dipastikan akan menambah investasi sekitar Rp 10 triliun untuk mendiversifikasi produk otomotif Mitsubishi di Indonesia, mulai dari 2022 hingga 2025.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam kunjungan kerja ke Jepang, pada Selasa (26/7/2022).

Dalam pertemuan tersebut, menurut Airlangga, Setelah 2023, MMC akan fokus memproduksi model mobil jenis xEV yang terdiri dari model Xpander dan Pajero Sport. Selain itu, MMC juga akan memproduksi dua model kendaraan baru Electric Vehicle (EV) mulai 2024.

Baca juga: Langkah Toyota Indonesia untuk Mengurangi Bebas Emisi

Tak hanya itu, MMC juga diketahui sedang mengadakan Pilot Project untuk menggunakan BEV secara komersial dengan empat perusahaan.

“Pemerintah menyambut baik rencana MMC berkolaborasi dengan PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek dan DHL Supply Chain Indonesia untuk menggunakan kendaraan jenis Minicab MiEV secara komersial,” kata Menko Airlangga.

Mitsubishi Minicab MiEV jadi mobil listrik mungil yang dikendarai Jokowi pada ajang GIIAS 2021.Dok Sekretariat Presiden Mitsubishi Minicab MiEV jadi mobil listrik mungil yang dikendarai Jokowi pada ajang GIIAS 2021.

Namun, ketika tim redaksi mengkonfirmasi hal ini kepada Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terkait hal ini, pihaknya enggan memberikan komentar.

Sebagai informasi, Minicab MiEV merupakan Light Commercial Vehicle (LCV) berbentuk van mungil berkelir putih dengan tampilan minimalis.

Namun demikian, Minicab MiEV mampu memenuhi kebutuhan mobilitas di lingkungan yang padat dan sempit, terutama untuk armada logistik.

Di Jepang, Minicab MiEV telah dijual sejak 2011. Di sana, mobil ini digunakan sebagai kendaraan logistik di dalam kota dengan jarak tempuh hanya sekitar 100 km.

Mobil ini memiliki fitur daya listrik 1500W DC dan dapat menjadi sumber tenaga dengan menyalurkan daya AC 100 V, yang cukup untuk menyalakan peralatan elektronik saat berkegiatan di luar ruangan.

Baca juga: Cerita Mahasiswa UGM Bikin Mobil Listrik Super Sekip EV-3 EVO

Motor listrik mobil ini memberikan daya yang besar, nom emisi serta senyap sehingga sangat mungkin digunakan di perkotaan yang padat.

Minicab MiEV hadir dengan dual airbags serta kontrol traksi. Dengan ukuran bodi yang kompak, mobil ini punya radius putar 4,3 meter yang sangat cocok dipakai di jalanan yang sempit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.