Mitos atau Fakta, Transmisi Kopling Ganda Lebih Cepat Panas?

Kompas.com - 06/07/2022, 16:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi Dual Clutch Transmission (DCT) atau transmisi kopling ganda ini kurang diminati oleh pabrikan mobil Jepang.

Meski demikian, teknologi ini banyak dipakai di mobil-mobil Eropa seperti BMW, Mercedes Benz dan beberapa mobil Asia seperti Kia Seltos atau Suzuki Ignis, Auto Gear Shift (AGS).

Padahal prinsip kerja DCT cukup sederhana, hanya mengubah tuas transmisi menjadi motor penggerak. Sementara konstruksi kopling, roda gigi dan cara kerjanya masih sama seperti transmisi manual.

Sehingga, performa yang dirasakan pengendara ketika menggunakan mobil DCT cukup mencengangkan.

Jadi, tenaga atau sensasi perpindahan giginya itu mirip dengan transmisi manual, hanya saja pengendara tidak perlu memindahkan tuas transmisi dan menginjak pedal kopling untuk memindahkan gigi percepatan.

Baca juga: Mengenal Transmisi DCT Kia Seltos, Benarkah Sering Bermasalah?

Modifikasi Suzuki Ignis bergaya mini offroadProMobile Malang Modifikasi Suzuki Ignis bergaya mini offroad

Perpindahan gigi percepatan tersebut sudah dikendalikan oleh komputer secara otomatis lewat motor aktuator atau biasa disebut motor dual clutch. Jadi, bisa dikatakan mobil tersebut menggunakan transmisi manual yang diotomatiskan, Automated Manual Transmission (AMT)

Karena performa transmisi yang menyenangkan itu, banyak orang terlalu asyik dalam berkendara. Sehingga, gaya mengemudi pengendara menjadi lebih senang ngegas. Alhasil, transmisi menjadi cepat panas.

Mekanik Senior Nissan Kelapa Gading Radika, mengatakan penyebab transmisi DCT ini cepat panas bukan karena adanya kerusakan pada komponen transmisi, melainkan dari perilaku pengendara.

Baca juga: Transmisi DCT Mudah Panas, Kia Sebut Seltos Tak Ada Masalah

Kia Seltos GT LineKompas.com/ApridaMegaNanda Kia Seltos GT Line

“Tidak ada masalah di dalam transmisinya, itu hanya karena pengendara terlalu asyik dengan performa dual clutch, jadi lebih senang main gas,” ucap Radika kepada Kompas.com, Selasa (5/7/2022).

Dia mengatakan suhu transmisi ini naik ditandai dengan pemberitahuan di layar informasi, sehingga pengendara bisa menepi untuk mendinginkan transmisinya terlebih dulu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.