Merawat Sistem Transmisi AGS Mobil Suzuki

Kompas.com - 27/10/2021, 11:12 WIB
Transmisi Auto Gear Shift pada Suzuki Karimun Wagon R GS. Otomania-Stanly RavelTransmisi Auto Gear Shift pada Suzuki Karimun Wagon R GS.

SOLO, KOMPAS.com - Sistem transmisi Auto Gear Shift (AGS) memang belum banyak dipasang pada mobil yang dipasarkan di Indonesia. Oleh sebab itu, wajar jika masih banyak orang yang belum familiar. Saat ini transmisi AGS bisa ditemukan pada mobil Suzuki Ignis dan Karimun Wagon R.

Sistem AGS pada dasarnya merupakan transmisi manual tanpa pedal kopling, sehingga sebagian orang menyebutnya dengan istilah 'manual rasa matik'. Kerja kopling digantikan oleh aktuator hidraulis yang bekerja menurut putaran mesin.

Lantas untuk proses perpindahan gigi dilakukan secara otomatis berkat adanya komponen Transmission Control Module (TCM).

Baca juga: Warga Sipil Boleh Pakai Pelat Mobil RFS, Ini Syaratnya

Suzuki Karimun Wagon R Auto Gear ShiftFebri Ardani Saragih/KompasOtomotif Suzuki Karimun Wagon R Auto Gear Shift

Agar transmisi AGS tetap awet, Nugroho, Kepala Bengkel Suzuki Pabelan Solo memberikan beberapa tips perawatan sederhana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, hindari sikap mempertahankan posisi mobil dengan menginjak pedal gas saat berada di jalan menanjak. Disarankan untuk memanfaatkan rem tangan.

"Hampir sama dengan transmisi manual saat main setengah kopling. Jadi sebetulnya setengah kopling itu yang membuat kopling rusak. Kalau kopling bermasalah dalam waktu lama akan membuat AGS berkendala," kata Nugroho kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kedua, ia menyarankan untuk rutin memperhatikan volume oli hidrolik. Segera tambahkan jika isinya sudah mulai berkurang.

Baca juga: Cara Suzuki Goda Calon Konsumen XL7

Suzuki Ignis faceliftKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Suzuki Ignis facelift

Selain itu, Nugroho tidak menyarankan pemilik mobil bertransmisi AGS memodifikasi sistem kelistrikan. Sebab ada risiko mengganggu modul TCM yang mengontrol sistem transmisi.

"Tidak disarankan memodifikasi kelistrikan. Hampir semua komponen kelistrikan diatur oleh modul. Dan antara modul satu dengan yang lain terkoneksi. Pemasangan aksesoris kelistrikan yang tidak benar bisa saja berpengaruh tidak hanya ke TCM, mungkin ke modul yang lain juga," ujarnya melanjutkan.

Lalu untuk penggantian set kopling, Nugroho mengatakan tidak ada patokan pasti untuk interval waktu dan jarak tempuh. Perlu dilakukan pengecekan sebab level aus set kopling bergantung pada beberapa faktor dan kondisi saat mobil digunakan.

Perkara oli transmisi, mobil dengan sistem AGS menggunakan jenis pelumas yang sama dengan tipe manual. Pelumas yang digunakan adalah Suzuki Genuine Oil (SGO) Manual Transmission spesifikasi SAE 75W-80 1 liter. Ganti oli dilakukan tiap interval 20.000 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.