Ini Deretan Generasi Bus Pendahulu Legacy SR3

Kompas.com - 05/07/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Laksana sudah mengumumkan bodi bus barunya dan akan diluncurkan dalam waktu dekat, yakni Legacy SR3. Rencana hadirnya penerus dari Legacy SR2 ini bisa dilihat pada unggahan Instagram resmi Karoseri Laksana.

Berbicara mengenai kehadiran produk baru dari karoseri di Ungaran, mari melihat juga ke generasi sebelumnya. Bodi bus Legacy pertama kali dirilis pada tahun 2008 dan diharapkan bisa menarik perhatian para operator bus.

Kusririn, Manager Design Karoseri Laksana menjelaskan, bodi Legacy adalah cikal bakal dari semua desain yang menjadi produk andalan Karoseri Laksana.

Baca juga: Kembali Tren, Apa Saja Keunggulan Bus Single Glass?

Bodi bus Legacy buatan Karoseri Laksana DOK. LAKSANABUS Bodi bus Legacy buatan Karoseri Laksana

"Perbedaan desain Legacy dan bus tipe sebelumnya terletak pada selendang samping yang berbentuk bumerang menghadap ke belakang," ucap Kusririn kepada Kompas.com, Selasa (5/7/2022).

Bereselang beberapa lama, Legacy mendapatkan update tampilan yang cukup signifikan, maka lahir lah Legacy SR1 di 2011. Perbedaannya bisa dilihat dari bumper depan dan belakang, serta selendangnya diubah.

"Bagian samping mengalami perubahan signifikan pada variasi (selendang) yang didesain terbalik dari yg pertama," ucapnya.

Baca juga: Syarat Daftar Beli Pertalite dan Solar di MyPertamina

Bodi bus All New Legacy SR1 buatan Karoseri Laksana DOK. LAKSANABUS Bodi bus All New Legacy SR1 buatan Karoseri Laksana

Selain itu, pada bodi Legacy SR1 juga mengalami facelift di 2013. Ubahannya bisa terlihat dari pilihan lampu depan dan belakang yang baru, serta desain bumper berubah sehingga menampilkan sisi dinamis, tidak cuma elegan.

"Seiring berjalan waktu, keluar desain tipe Legacy SR2 yang mengalami perubahan samping yang sangat inovatif," ucap Kusririn.

Karoseri Laksana ekspor busIstimewa Karoseri Laksana ekspor bus

Pada saat diluncurkan di 2016, Legacy SR2 memiliki ubahan desain yang signifikan. Tampilan depan, samping, sampai ke belakang berubah total. Namun saat itu, malah sedang tren bus dengan model double glass.

"Desain SR2 bisa diakomodasikan untuk double glass, yang pada saat itu menjadi model yang lagi tren," kata Kusririn.

Bodi bus Legacy SR2 XHD Prime buatan Karoseri Laksana DOK. LAKSANABUS Bodi bus Legacy SR2 XHD Prime buatan Karoseri Laksana

Setahun berselang, Legacy SR2 baru diluncurkan dalam pilihan double glass. Selain itu juga SR2 mendapatkan berbagai facelift mulai dari model bumper, lampu, sampai yang terakhir diberi tampilan dengan tajuk Panorama.

Rencananya Laksana akan meluncurkan generasi SR3 pada ajang GIIAS 2022. Selain itu juga sudah ada berbagai bocoran kalau Legacy SR3 akan memiliki berbagai varian seperti Panorama, sampai Suites Class.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.