Mau Pelihara Ford Everest Lawas, Simak Salah Satu Penyakitnya

Kompas.com - 02/07/2022, 11:02 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Meminang Ford Everest di pasar mobil bekas bisa jadi alternatif konsumen yang lagi mencari SUV. Berbekal mesin diesel turbo 2.500 cc, daya angkut 7 penumpang, membuat mobil lawas ini cukup menarik minat konsumen.

Tapi, bicara mobil bekas tentu harus menyiapkan biaya ekstra untuk perawatan. Bagi yang berminat memelihara Ford Everest yang mulai diluncurkan 2003 lalu, ada hal yang perlu diperhatikan.

Agung Prastowo Kepala Bengkel Mandiri Jaya Motor (Ford Kudus) mengatakan, soal durabilitas Everest tidak perlu diragukan. Tapi, ada komponen yang harus diperhatikan kalau usia mobil sudah lebih dari 5 tahun, yaitu kaki-kaki. 

Baca juga: 3 Fungsi Oli Mesin, Pembersih, Perekat, dan Pendingin

"Komponen steering tie rod, long tie rod, ball joint bisa ikut oblak karena goncangan tidak bisa diredam," ujar Agung kepada Kompas.com, Jumat (1/7/2022). 

Namun, Agung menjelaskan, ciri-ciri spesifik kerusakan komponen suspensi umumnya ialah kabin bergetar berlebihan jika jalanan bergelombang. 

Pergantian shockbreaker mobil bagian depanDicky Aditya Wijaya Pergantian shockbreaker mobil bagian depan

"Jika jeli merasakan ayunan suspensi mobil,  bantingan di jalanan berlubang bila benar-benar dihitung jumlah ayunan naik turun lebih banyak ketimbang suspensi normal," ucapnya. 

Dia menambahkan, ciri fisik kerusakan suspensi juga bisa dilihat dari rembesan oli pada bagian luar suspensi.  

"Ciri suspensi lemah terlihat rembesan oli dan bila sudah cukup parah, (kembangan) ban termakan sebelah," kata Agung, menambahkan. 

Agung merinci, untuk biaya perbaikan suspensi bagian depan dengan pergantian shockbreaker baru biasanya dikenakan biaya Rp 1.600.000 per set. 

"Harga shockbreaker Ford everest depan sepasang sekitar Rp. 1.600.000,  sedikit beda kalau set untuk belakang per pasang Rp 1.000.000, belum biaya termasuk pasang," ucap Agung. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.