Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor China Kloning Mesin V-Twin Harley-Davidson

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan asal China terkenal karena kerap menjiplak tampilan motor dari merek lain. Tapi kali ini sedikit berbeda, Shineray, melansir mesin motor yang mirip mesin Harley-Davidson's Evolution.

Seperti diketahui, mesin V-Twin 45 derajat merupakan trademark H-D. Desain H-D Evolution V-twin sudah dipakai di H-D Sportster sejak 1986 dan akhirnya ikut berevolusi karena H-D mengeluarkan Sportster S 2021.

Mengutip Rideapart, Shineray dari luar kemiripan mesin ini terlihat dari arsitektur mesin 45 derajat, sirip pendingin di blok mesin hingga penutup rocker. Kemudian penutup pushrod krom hingga lokasi filter oli mirip mesin H-D.

Mesin Shineray berkapasitas 1.200cc juga mendukung empat camshaft yang menggerakkan masing-masing satu katup berkat pushrod yang dipasang di kanan. Namun kinerjanya belum mampu menyaingi Evo.

Mesin V-Twin Shineray 1.200cc V-twin dengan rasio kompresi 9,1:1 menghasilkan 60 tk dan torsi 66,4 lb-ft. Sedangkan Evo 1.200cc Forty-Eight dengan rasio rasio kompresi 10:1 menghasilkan 67 tk dan torsi 73 lb-ft.

Shineray sebelumnya membeli merek motor asal Italia SWM dan merilis mesin V-twins berpendingin cairan, 350cc, 550cc, 850cc, dan 1.200cc. Karena itu mesin ini mesin baru karena V-Twin 1.200cc berpendingin udara.

Shineray belum melansir motor apa yang bakal memakai mesin ini. Sayangnya diprediksi mesin ini tidak akan masuk Eropa karena regulasi uji emisi di benua biru sekarang sudah Euro 5.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/30/144100615/motor-china-kloning-mesin-v-twin-harley-davidson

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.