Ketahui Istilah Masuk Angin pada Mesin Diesel

Kompas.com - 27/06/2022, 12:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Di dalam mesin diesel ada istilah masuk angin, yaitu adanya udara yang terperangkap di dalam sistem bahan bakar.

Masuk angin sendiri merupakan penyakit lama pada mesin diesel. Istilah ini sudah dikenal dari dulu baik pada mesin diesel konvensional hingga mesin diesel sekarang yang menggunakan sistem common rail.

Meski sudah ada sejak dulu, masuk angin tetap saja menjadi ciri khas mesin diesel, seakan penyakit tersebut tidak ada obatnya.

Bahkan pada mesin diesel yang menggunakan sistem common rail, masuk angin ini bisa menyebabkan mesin tidak bisa hidup, tidak hanya brebet seperti pada mesin diesel konvensional.

Baca juga: Pengguna Mobil Diesel, Jangan Sepelekan Bila Indikator Ini Menyala

Indikator solar mobil dieselOtomotifnet Indikator solar mobil diesel

Hal ini bisa terjadi lantaran pada sistem common rail membutuhkan tekanan bahan bakar yang tinggi. Sehingga ketika ada angin sedikit saja bisa menyebabkan efek yang besar.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, masuk angin pada mesin bisa terjadi ketika telat mengisi bahan bakar atau setelah melakukan servis penggantian filter bahan bakar. Sehingga ada udara yang terjebak di dalam saluran bahan bakar.

“Itu ada udara yang terjebak di saluran bahan bakar, biasanya terjadi ketika pengendara telat mengisi bahan bakar. Atau saat melakukan penggantian filter solar, makanya selalu perlu dipompa untuk mengeluarkan anginnya,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com Minggu (26/6/2022).

Baca juga: Kenali Penyebab dan Cara Menangani Diesel Runway

Mesin innova dieselInnova diesel Mesin innova diesel

Ibrohim menjelaskan masuk ingin memang kerap terjadi di mesin diesel, lantaran mesin diesel membutuhkan komposisi udara dan bahan bakar yang presisi agar mesin bisa hidup. Jika saja ada udara palsu di sistem bahan bakar maka bisa menyebabkan mesin brebet bahkan mati.

Kendati mesin diesel mudah terkena masuk angin, penyembuhannya juga tidak susah. Karena di mesin diesel sendiri sudah dilengkapi dengan pompa manual di sekitar filter solar untuk mengeluarkan angin yang terjebak.

“Dikocok saja priming pump-nya sampai terasa keras, sambil dicoba menyalakan mesin sampai mesin menyala,” ucap Ibrohim.

Dia juga menjelaskan, khusus mobil-mobil terbaru ada yang sudah tidak dilengkapi priming pump melainkan ada pompa khusus dari tangki bahan bakar, sehingga mesin diesel lebih jarang terkena masuk angin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.