Kompas.com - 27/06/2022, 15:31 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Sepeda motor matik alias skutik, saat ini memang cukup berkembang pesat lantaran menjadi pilihan yang tepat bagi sebagian orang untuk berkendara di perkotaan.

Bahkan seiring dengan perkembangannya, saat ini banyak skutik telah dilengkapi dengan fitur keselematan. Salah satunya pada bagian standar samping dengan hadirnya side stand switch.

Fitur ini bisa berfungsi memutus arus dari soket distributor koil dengan tujuan agar mesin skutik bisa bisa mati saat standar samping diturunkan. 

Baca juga: Dampak Buruk Sering Mematikan Mesin Skutik dengan Standar Samping

Lebih jelasnya, Kepala Bengkel Nusantara Sakti Penggaron Semarang Rofiudin menyampaikan, dari sisi keselamatan dan keamanan berkendara, ketika skutik terjatuh fitur ini akan otomatis mematikan mesin.

"Fungsinya mematikan mesin otomatis jika motor terjatuh, cara kerjanya sirkulasi arus dari motor starter mendeteksi posisi motor vertikal dengan kemiringan 45 derajat," ucapnya kepada Kompas.com, Senin (27/6/2022). 

Perbaikan komponen Elektrikal sepeda motor matikDicky Aditya Wijaya Perbaikan komponen Elektrikal sepeda motor matik

Lebih lanjut Rofiudin menjelaskan, tidak ada pengaruhnya bila pengguna motor matik parkir dalam posisi posisi miring. Hanya saja, beban berlebihan bisa berpengaruh pada per standar cepat kendor. 

Pendapat yang sama juga diungkap Fajar Buari, Kepala Bengkel Yamaha Sentral Motor. Menurutnya, spesifikasi  dari pabrik merancang standar samping sepeda motor matik lengkap dengan fitur side stand switch

Baca juga: Nama Jalan di 22 Wilayah Jakarta Berubah, STNK dan BPKB Wajib Diganti?

"Karena fungsinya memutus arus DC kelistrikan, jika rusak mesin motor tidak bisa di starter," ujarnya. 

Menurut Fajar, karakteristik sensor switch pada standar samping arusnya tersambung dari komponen kiprok dan didistribusikan ke ECU.

Ilustrasi servis motor di bengkel resmi HondaDok. DAM Ilustrasi servis motor di bengkel resmi Honda

Untuk itu, Fajar menjelaskan boleh-boleh saja memarkirkan sepeda motor matik dengan standar samping. Tapi mekanisme mematikan mesin motor matik tidak boleh sembarangan. 

"Tidak masalah yang penting parkir matikan kunci kontak sebelum menurunkan standar samping," ucapnya. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.