Losail Dicoret dari Seri Pembuka MotoGP 2023, Mandalika Tetap Seri 2

Kompas.com - 26/06/2022, 10:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri perdana MotoGP biasanya diawali oleh Sirkuit Losail, Qatar. Namun, untuk musim depan akan sedikit berbeda.

Untuk pertama kalinya sejak musim 2007, seri pembuka MotoGP tidak akan digelar di Qatar. Sebab, Sirkuit Losail akan direnovasi agar bisa dipakai juga oleh Formula 1 (F1).

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2022, Bagnaia Pole Position

Sebagai gantinya, Portimao atau Jerez dikabarkan berpotensi untuk menjadi seri pembuka MotoGP 2023. Setelah itu, baru rombongan MotoGP akan ke Mandalika, lalu ke Texas, dan seterusnya.

MotoGP Qatar 2022 di Sirkuit Losail. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR MotoGP Qatar 2022 di Sirkuit Losail. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Dikutip dari Speedweek.com, Minggu (26/6/2022), keputusannya masih belum diambil. Sebab, Dorna Sports masih berdiskusi dengan Stefano Domenicali, CEO F1 Group.

Sebelum Qatar menjadi seri pembuka MotoGP pada 2007, Sirkuit Jerez, Spanyol, yang menjadi seri perdana. Sirkuit ini juga dikabarkan berpotensi menjadi seri pembuka untuk MotoGP 2023.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP Belanda, Aleix Espargaro Tercepat

Namun, Dorna dikabarkan lebih tertarik untuk mengadakannya di Portimao. Sirkuit tersebut pertama kalinya menjadi tuan rumah pada 2020 lalu, di mana saat itu banyak sirkuit yang dibatalkan karena alasan pandemi.

Sirkuit PortimaoSnaplap.net Sirkuit Portimao

Bukan hanya kalender balap saja yang akan mengalami perubahan. Lokasi untuk sesi tes pun juga sepertinya akan berubah.

Shakedown test akan digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 29-31 Januari. Setelah itu, baru sesi tes pra-musim pada 3-5 Februari. Sesi tes kedua akan digelar dua pekan sebelum seri perdana dimulai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.