Per Juni 2022, Total Konsesi Jalan Tol Jasa Marga Tembus 1.809 Km

Kompas.com - 24/06/2022, 13:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) optimistis akan terus meningkatkan kinerja positif selama 2022, seiring dengan kondisi pandemi COVID-19 yang semakin pulih dan juga peningkatan volume lalu lintas yang sudah jauh lebih baik.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengklaim pihaknya merupakan pemimpin pasar pada industri jalan tol Indonesia.

“Tercermin dari keberhasilan Jasa Marga dalam membuka kinerja yang cemerlang di Kuartal I tahun 2022 dengan mencatatkan Laba Bersih sebesar Rp 392,8 Miliar, naik 142,7 persen dibandingkan dengan Kuartal I Tahun 2021,” ujar Lisye, dalam keterangan tertulis (24/6/2022).

Baca juga: Honda Tebar Lagi Bocoran ADV 160, Fix Pakai Mesin eSP+

Volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) Jalan Tol Jasa Marga di seluruh Indonesia Jasa Marga Volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) Jalan Tol Jasa Marga di seluruh Indonesia

Lisye mengatakan, hingga saat ini Jasa Marga mengoperasikan total panjang jalan tol sepanjang 1.260 Km yang merupakan 51 persen jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia.

Pada awal 2022, Jasa Marga menambah jalan tol operasi dengan pengoperasian Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,42 Km.

“Sementara itu, total konsesi jalan tol yang dimiliki oleh Jasa Marga hingga saat ini telah mencapai 1.809 Km di seluruh Indonesia,” ucap Lisye.

Baca juga: Catat, Ada Pemutihan dan Diskon Pajak Kendaraan di Depok

“Total panjang konsesi jalan tol tersebut meliputi penambahan konsesi Jalan Tol Gedebage-Cilacap sepanjang 206,5 Km di awal Januari tahun ini,” kata dia.

Menurutnya, tren positif kinerja Jasa Marga juga terlihat dari volume lalu lintas di seluruh Jalan Tol Jasa Marga Group dari tahun ke tahun, seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat.

“Kami mencatat lalu lintas harian rata-rata kendaraan pada periode Januari s.d Mei 2022 mencapai 3,2 juta kendaraan per bulannya," kata Lisye.

"Jumlah lalu lintas harian rata-rata ini meningkat 12,8 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2021, serta meningkat 27,0 persen jika dibandingkan dengan periode tahun 2020,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.