Kebiasan Ini yang Bikin Mobil Diesel Masuk Angin

Kompas.com - 24/06/2022, 10:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Fenomena "masuk angin" sudah menjadi salah satu penyakit yang kerap terjadi untuk mobil diesel.

Kondisi tersebut disebabkan pemilik yang terlambat mengisi bahan bakar, sehingga membuat volume tangki BBM dalam kondisi yang tiris.

Nah, saat bahan bakar kembali diisi setelah kosong, ada udara yang sudah bersarang di dalam dan bisa terhisap pompa bahan bakar ketika mesin akan dinyalakan. Dampaknya membuat starter terasa berat. 

Udara yang sudah terlanjur masuk ke dalam ruang bakar memberikan dampak pada Solar yang tak bisa dimampatkan. 

Baca juga: Beli Pertalite Pakai Aplikasi MyPertamina Dimulai Agustus 2022?

Otomatis kondisi tersebut berpengaruh pada performa mobil yang menurun karena tekanan kompresi mesin berkurang. Tarikan lemot dan risikonya jika masuk angin dibiarkan mesin bisa tiba-tiba mati mendadak. 

Pengisian Bahan Bakar Minyak di SPBU 13.282.613 Jalan Imam Munandar, Kota Pekanbaru, Riau, Minggu (17/4/2022). PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memastikan stok BBM dan LPG aman dengan membentuk tim Satuan Tugas Khusus Ramadan dan Idul fitri (Satgas RAFI) yang bertugas untuk memastikan keamanan pasokan energi mulai tanggal 11 April hingga 10 Mei 2022. Beberapa layanan tambahan tambahan BBM periode Satgas RAFI tahun 2022 yakni 88 SPBU, 550 outlet LPG 3 Kg, 119 outlet LPG NPSO, 18 Pertashop yang disiagakan 24 jam serta enam motorist untuk layanan delivery dan tiga kantong SPBU.ANTARA FOTO/RONY MUHARRMAN Pengisian Bahan Bakar Minyak di SPBU 13.282.613 Jalan Imam Munandar, Kota Pekanbaru, Riau, Minggu (17/4/2022). PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memastikan stok BBM dan LPG aman dengan membentuk tim Satuan Tugas Khusus Ramadan dan Idul fitri (Satgas RAFI) yang bertugas untuk memastikan keamanan pasokan energi mulai tanggal 11 April hingga 10 Mei 2022. Beberapa layanan tambahan tambahan BBM periode Satgas RAFI tahun 2022 yakni 88 SPBU, 550 outlet LPG 3 Kg, 119 outlet LPG NPSO, 18 Pertashop yang disiagakan 24 jam serta enam motorist untuk layanan delivery dan tiga kantong SPBU.

Trias, Pemilik Bengkel Instalasi Mranggen, di Demak, Jawa Tengah mengatakan, volume isi tangki bahan bakar mobil diesel kurang tiga perempat tekanan udara dingin, menyebabkan uap air masuk ke filter solar

"Mobil diesel jika mengalami goncangan dalam tangki bahan bakar risikonya menciptakan gelembung air," katanya kepada Kompas.com, Kamis (23/6/2022). 

Untuk mengatasinya, kata dia, pengisian bahan bakar tidak boleh terlambat. Komponen filter solar juga jadi perhatian karena endapan kandungan sulfur menyumbat semprotan nozzle injektor

Baca juga: Bahaya Memanaskan Mobil Diesel Terlalu Lama

"Isi tangki bahan bakar minimal tiga perempat full. Filter solar juga tidak boleh kotor apalagi tersumbat kotoran," ujarnya. 

Contoh filter solar pada mesin diesel- Contoh filter solar pada mesin diesel

Jika terlambat, risikon mesin mengalami indikasi masuk angin yang membuat akselerasi mobil akan loyo. Tandanya bisa dikenali dari gejala power yang drop. 

Saat kejadian, pemilik mobil usahakan tetap tenang. Buka kap mesin dan cabut selang filter solar lalu keluarkan saringan bahan bakar dan bersihkan. 

"Pompa tekanan udara filter solar, jika gelembung sudah keluar aliran solar bisa mengalir ke injektor. Selang-selang juga dicek apa ada kebocoran agar bahan bakar bisa mensuplay bospom," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.