Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Meluncur, BMW M3 Touring Langsung Jadi Safety Car MotoGP

Kompas.com - 24/06/2022, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW baru saja meluncurkan versi station wagon dari model M3 atau M3 Touring di Goodwood Festival Of Speed, Sussex Barat, Inggris, Kamis (23/6/2022).

Namun tidak lama dirilis, M3 Touring langsung mendapat tugas baru, yakni menjadi Safety Car MotoGP. Dipilihnya M3 Touring sebagai Safety Car karena tenaganya yang buas dan punya bagasi lega, kapasitasnya sampai 1.510 liter.

Dikutip dari Carscoops.com, M3 Touring langsung dapat dandanan layaknya Safety Car. Misalnya dipasang lampu rotator di atap dan gril, serta aksesori carbon fiber dari M Performance.

Baca juga: BMW Buka Diler Khusus Mobil Bekas di Jakarta Selatan

BMW M3 Touring jadi Safety Car MotoGPCARSCOOPS.COM BMW M3 Touring jadi Safety Car MotoGP

Tidak hanya itu, M3 Touring berkelir putih ini langsung dipasang livery berwarna biru, teal, dan merah. Selain itu ada tambahan stiker '50 Jahre BMW M' sebagai penanda ulang tahun divisi motorsport dari merek Jerman tersebut.

Untuk bagian kabin, M3 Touring sudah menggunakan sepasang bangku balap dari Recaro dengan sabuk pengaman empat titik. Dipasang juga setelan untuk bahan bakar, safety cross beam, dan alat yang diperlukan untuk bekerja sebagai Safety Car.

BMW tidak menyebutkan apakah ada modifikasi dari mesin M3 Touring untuk kebutuhan Safety Car. Standarnya saja, M3 Touring dengan mesin 3.000 cc enam silinder segaris sudah memiliki tenaga 503 TK dan torsi 650 Nm.

Baca juga: Viral, Video Konvoi Pajero Dikawal Mobil Polisi Terobos Macet

Tenaga dan torsi tadi disalurkan ke empat roda oleh sistem m xDrive AWD. Dilengkapi dengan transmisi otomatis delapan percepatan, M3 Touring dapat berakselerasi dari 0-100 kpj dalam 3,6 detik serta top speed 280 kpj.

Namun bagi yang mau melihat aksi M3 Touring sebagai Safety Car, harus menunggu sampai MotoGP Inggris di Silverstone Agustus nanti. Jadi pada MotoGP Belanda Minggu ini masih memakai Safety Car yang lama yakni BMW M2 CS Racing.

Hadirnya M3 Touring melengkapi deretan Safety Car BMW yang bertugas di MotoGP yang terdiri dari M2 CS Racing, M3 Sedan, M4 Coupe, M5 CS, dan dua BMW M 1000 RR Safety Bikes.

Sedangkan untuk MotoE, BMW memilih mobil listrik sebagai Safety Car, yakni i4 M50 Safety Car. Jadi bukan motornya saja yang bebas emisi, melainkan juga Safety Car-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com