Bonceng Penumpang Motor Lebih dari 1 Orang Bisa Kena Sanksi

Kompas.com - 22/06/2022, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada aturan membawa penumpang untuk pengguna sepeda motor. Batas penumpang yang bisa dibawa, yaitu satu orang, dengan posisi duduk di jok belakang atau jok penumpang.

Namun, masih banyak pengendara sepeda motor yang nekat membawa lebih dari satu penumpang. Tidak hanya itu, masih ada pengendara motor yang membawa anak kecil di jok penumpang atau di jok depan.

Perlu diingat, kebiasaan ini berbahaya dan tidak disarankan. Membonceng lebih dari satu orang dapat mempersulit pengendara untuk bermanuver dan mengoperasikan sepeda motor.

Baca juga: Viral, Foto Pengendara Motor Tanpa Helm Kena ETLE di Persawahan

Membawa penumpang lebih dari satu, atau membawa anak kecil di jok depan motor dapat memperbesar potensi terjadinya kecelakaan. Seperti yang terjadi baru-baru ini di kawasan Jakarta Timur, Selasa (21/6/2022).

Seorang pengendara motor yang membawa anak kecil di bagian jok depan tiba-tiba kehilangan kendali atas kendaraannya. Dugaannya adalah si anak tidak sengaja menarik tuas gas.

Hal ini bisa diantisipasi bila penumpang berada pada tempat yang seharusnya. Kemudian, disarankan untuk tidak membawa anak kakinya belum sampai ke foot step motor, karena ini dapat membuatnya susah seimbang dan mudah terjatuh.

"Berdasarkan aturan lalu lintas, pengendara sepeda motor itu hanya diperbolehkan membawa satu orang penumpang. Kemudian diartikan, dipersepsikan, aturannya itu duduk di tempat yang benar," ucap Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting kepada Kompas.com  beberapa waktu lalu.

Jusri menekankan, aturan duduk di tempat yang benar maksudnya adalah duduk di belakang atau di jok penumpang, bukan di bagian depan depan.

Pengendara sepeda motor memadati jalur mudik motor di jalan raya Kalimalang, Jakarta, Kamis (27/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022 jalan raya Kalimalang mulai dipadati pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Pengendara sepeda motor memadati jalur mudik motor di jalan raya Kalimalang, Jakarta, Kamis (27/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022 jalan raya Kalimalang mulai dipadati pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah.

Baca juga: Bayar dan Ambil Bukti Tilang Kini Bisa di Mal

Jika dilihat dari sisi hukum, aturan tentang batas penumpang pada sepeda motor tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 ayat 9:

"Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tanpa kereta samping dilarang membawa Penumpang lebih dari 1 (satu) orang."

Sementara itu, pidana hukumnya tertuang dalam Pasal 292. Ada denda paling banyak Rp 250.000 buat pelanggar:

"Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tanpa kereta samping yang mengangkut Penumpang lebih dari 1 (satu) orang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (9) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1(satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.