Kompas.com - 22/06/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kebanyakan pemilik mobil baru kerap mengabaikan masalah masa inreyen atau brake-in 1.000 kilometer (km) pertama.

Hasilnya, banyak yang setelah unitnya datang dari diler, justru malah langsung diajak menempuh jarak jauh. 

Padahal, sesuai anjuran inreyen mempunyai tiga manfaat. Pertama, performa mobil bisa mencapai kemampuan maksimal, efisiensi bahan bakar bisa ekonomis, dan usia pakai mobil bisa dalam jangka panjang. 

Baca juga: Sama-sama Pakai CVT, Mana Lebih Menarik, Brio RS atau Sirion Facelift?

Menguji performa mobil baru tidak boleh sembarangan. Maksimal pengendara menjaga kecepatan di antara putaran 2.500 - 4.000 rpm. Pasalnya, banyak komponen di dalam mesin masih baru, demikian juga dengan sirkulasi oli.\

Test drive All New Subaru Forester S EyeSightKompas.com/Adityo Test drive All New Subaru Forester S EyeSight
Technical Leader Toyota Nasmoco Pemuda Semarang Paska Estu Wicaksono menjelaskan, komponen Electrical Control Unit (ECU) mobil akan secara otomatis merekam data efisiensi bahan bakar, akselerasi, dan in-braking sesuai gaya berkendara minimal 1.000 kilometer pertama. 

"Biasakan menjaga putaran rpm mesin stabil 2.500 - 4.000 rpm karena komponen utama mesin baru beradaptasi. Upayakan laju mobil dibuat bervariasi agar kondisi mesin sempurna," ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (21/6/2022). 

Baca juga: Mobil Mogok di Pelintasan Kereta, Utamakan Keselamatan Diri

Menurutnya, cara pengereman juga diupayakan agar efisien dan menghindari melakukan hard braking alias rem mendadak.

Toyota Raize GR SportKompas.com Toyota Raize GR Sport

Kondisi tersebut bukan tanpa sebeb, karena beberapa komponen rem juga baru beradaptasi dan untuk mencegat terjadinya malfungsi. 

"Boleh ngebut untuk mendapatkan style mengemudi sesuai karakter pengendara yang pengaruhnya pada performa dan efisiensi bahan bakar," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.