Mau Eksis, Pengendara Motor Menempel Bus yang Berjalan

Kompas.com - 22/06/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelakuan pengendara motor di Indonesia memang beragam, ada saja yang nyeleneh. Misalnya seperti pada video yang diunggah akun indorider150up, pengendara ojol membuntuti bus dalam jarak yang dekat.

Aksi tempel bus ini berlangsung dari awal video sampai selesai. Padahal bisa dilihat di sisi kiri bus jalanan cukup lengang, tapi pengendara ojol ini tetap berada tepat di belakang, menempel laju bus.

Menanggapi kejadian seperti ini, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, kelakuan pengendara ojol ini sangat berbahaya.

Baca juga: Kenapa Bus Sumatera Langganan Pakai Sasis Buatan Jerman?

 

"Ketika bus di depannya mengerem tiba-tiba atau mendadak maka kemungkinan motor tersebut juga bisa saja menabrak bus karena jarak pengereman yang terlalu dekat," ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (21/6/2022).

Lalu kalau pun rem motor tadi pakem, bisa saja roda depan mengunci dan pengendara tadi malah terjatuh. Jadi kelakuan pengendara yang menempel ketat bus ini hanya bikin celaka, tidak ada untungnya.

"Padahal pada posisi motor tersebut tidak diketahui pengemudi bus karena masuk ke titik buta (blindspot)," ucap Agus.

Baca juga: Tabrakan di Tambun, Benarkah Mesin Mobil Bisa Mati di Pelintasan KA?


Jadi sekalipun pengendara tadi jatuh karena bus yang rem mendadak, pengemudi bus tidak tahu dan tidak bersalah. Pengendara seperti ini bisa dibilang cuma cari sensasi saja, ingin viral.

"Biasanya pengendara seperti ini hanya mencari sensasi saja dan mungkin dia juga tahu hal yang dilakukannya berbahaya namun agar dapat dilihat orang lain maka dia lakukan untuk kepuasan dirinya," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.