Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Cairan yang Keluar dari Kolong Mobil Berdasarkan Warna

Kompas.com - 21/06/2022, 15:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemilik mobil sering menemukan tetesan air dari bawah kolong, biasanya terjadi ketika parkir dengan kondisi mesin hidup dan durasi yang lama.

Kondisi tersebut tentu mendatangkan tanda tanya dari mana asal air tersebut? 

Paska Estu Wicaksono, Technical Leader Toyota Nasmoco Pemuda Semarang mengatakan, gejala tetesan air terutama kondisi mesin hidup karena sirkulasi air conditioner atau AC membuang kondensasi udara panas. 

Baca juga: Bolehkah Kendaraan Punya Pelat Nomor Kembar?

Cairan dari kolong mobilDicky Aditya Wijaya Cairan dari kolong mobil

"Mesin dan AC hidup itu adalah kondensasi komponen AC mobil. Kendaraan double blower tetesan bisa jadi asalnya dua titik depan belakang," kata Paska kepada Kompas.com, Selasa, (21/6/2022) di Semarang.

Bila ada tetesan cairan lainnya, kata dia, sumbernya bisa karena kebocoroan beberapa komponen seperti radiator, carter oli, atau fluida minyak rem. 

"Kecuali tetesan fluida warna hitam atau tetesan coolant radiator ada masalah pada sambungan selang, seal, atau pipa," ucapnya. 

Paska melanjutkan, untuk mengenali ciri-ciri tetesan air kecuali dari AC, bisa dengan mengenali warnanya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Knalpot Mobil Keluar Air Tanda Kerusakan Mesin?

Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors. Dok. MMKSI Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors.

Jika hitam pekat umumnya berasal dari oli mesin, sebaliknya jika berwarna merah jambu tandanya ada kebocoran sistem radiator. 

"Cek dan pastikan tetesan bila fluida warna hitam pekat atau tetesan coolant radiator, indikator ada masalah pada sambungan selang, seal, atau pipa," lanjutnya. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com