Pebalap Minta Yamaha Sunday Race Pindah ke Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 21/06/2022, 17:41 WIB
|

BOGOR, KOMPAS.com - Yamaha Sunday Race (YSR) 2022 kembali digelar setelah vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19. Namun di seri perdana yang digelar akhir pekan lalu, pebalap mengeluhkan lintasan Sirkuit Sentul, Bogor.

Beberapa pebalap berharap ajang balap motor sport satu merek ini bisa pindah atau digelar di tempat lain. Selain soal lintasan juga untuk penyegaran dan pemanasan untuk balapan di tingkat Asia.

Baca juga: Duplikasi Kunci Immobilizer Tidak Bisa Sembarangan

Rey Ratukore, pebalap Yamaha Yamalube TDR Cargloss SJCRT RRS IRC, meski tidak mengatakan secara lugas merujuk pada Sirkuit Mandalika, NTB, yang merupakan sirkuit internasional yang menggelar MotoGP dan WorldSBK.

Yamaha Sunday Race 2022Foto: KOMPAS.com/Gilang Yamaha Sunday Race 2022

"Kalau dibilang YSR adalah event yang paling konsisten di motor sport, brand-brand lain belum sekonsisten Yamaha. Kita berharap di suatu waktu pindah sirkuit. Jadi kalau dengan ini kita ada pemasanan buat balap Asia," katanya di Sirkui Sentul, akhir pekan lalu.

Adapun Galang Hendra Pratama yang pernah mencicipi persaingan di sirkuit-sirkuit Eropa dan musim ini turun di kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas Supersport 600 (SS600), secara terang menyebut Sirkuit Mandalika.

"Saya setuju saja kalau ada YSR di Mandalika, sebab kualitas sirkuit menentukan kualitas pebalap," kata Galang.

Baca juga: Fatalnya Asal Memasang Karpet Mobil

Yamaha Sunday Race 2022Foto: Yamaha Yamaha Sunday Race 2022

Dhani Hendra Purnama, Manager Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, tahun ini YSR 2022 akan digelar sebanyak tiga seri, dan satu ajang balap ketahanan atau endurance di Sirkuit Sentul.

Soal apakah Yamaha tertarik membuat acara serupa di Sirkut Mandalika, Dhani tidak berkomentar banyak. Sebab ada beberapa faktor yang dipertimbangkan jika menggelar balap di Mandalika.

"Untuk saat ini kita masih fokus di Sentul sebab masih banyak aspek kalau harus ke Mandalika. Soal kesiapan, belum juga kemampuan komunitas ke Mandalika. Bisa saja ikut tapi kuantitasnya," kata Dhani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.