Kompas.com - 21/06/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mercedes Benz Trucks akan memamerkan kendaraan listrik eActros LongHaul pada acara IAA Transportation yang diselenggarakan September 2022 di Hanover Jerman.

Mengenai truk listrik eActros, sebenarnya sudah diperkenalkan pada 2020 dan tahun ini akan dipamerkan bentuk "concept prototipe" ke khalayak. Jadi akan diperlihatkan seperti apa bentuk eActros dan rangkaian produknya yang nanti dijual.

Sebenarnya untuk prototipe eActros yang pertama sudah melakukan tes di jalan. Sedangkan untuk model LongHaul, tes di jalanan akan dimulai pada tahun ini.

Baca juga: Satu Bendera, Daimler dan Fuso di Indonesia Malah Saling Bersaing

Mercedes Benz eActros LongHaulDaimler Truck Mercedes Benz eActros LongHaul

Kemudian di 2023 produk prototipe yang mendekati produksi akan dites 'kerja' oleh customer. Rencananya di 2024, berbagai seri dari eActros akan siap dijual.

Dalam siaran resmi, tidak banyak spesifikasi dari eActros yang didapatkan. Tersedia gambar silet serta konsep truk listrik yang segera dipasarkan nanti.

Mercedes Benz Trucks mengklaim dalam sekali cas, eActros LongHaul bisa menempuh jarak sampai 500 km. Selain itu, truk listrik Mercy ini akan dibekali dengan high-performance charging atau disebut megawatt charging.

Baca juga: Lihat Betapa Bahayanya Jalan Tol di Indonesia


eActros LongHaul menggunakan baterai lithium-iron phosphate (LFP) yang punya usia pakai yang panjang. Baterai ini diklaim bisa dicas dari 20 persen ke 80 persen di bawah 30 menit di charging station dengan output 1 megawatt.

Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks mengatakan, menyajikan kendaraan listrik untuk kebutuhan transportasi jarak jauh adalah tonggak perjalanan menuju netralitas CO2.

"eActros LongHaul adalah kendaraan baterai-listrik yang layak secara ekonomi bagi pelanggan kami. Saya dan tim berharap dapat menghadirkan truk inovatif ini kepada pelanggan dan publik pada bulan September,” ucapnya dikutip dari siaran resmi, Selasa (21/6/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.