Kompas.com - 20/06/2022, 11:02 WIB

JAKARTA-KOMPAS.com - All New Veloz resmi mengaspal di Tanah Air jelang akhir 2021. MPV murah yang kini sudah pisah produksi dengan Avanza tersebut, dihadirkan dalam dua varian, yakni Smart dan Premium. 

Khusus versi Veloz Q CVT TSS sudah mengusung perangkat keselamatan aktif seperti yang disematkan pada Toyota Raize. Bedanya, Veloz belum dilengkapi dengan fitur cruise control, namun sudah diberikan tambahan tiga mode berkendara serta new rear seat entertainment.

TSS pada Veloz terdiri dari Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar gun membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Baca juga: Hasil MotoGP Jerman 2022, Quartararo Menang Tanpa Perlawanan

Spesial, ada fitur Misoperation Pedal Control (MPC) yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, sistem pengereman bekerja otomatis, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat. 

Lantas, sebenarnya bagaimana cara kerja fitur MPC pada Veloz baru? 

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, kinerja sistem pedal misoperation control bergantung pada sistem drive assist yang terpasang di mobil. Jadi, otomatis fitur ini akan aktif jika ada objek berbahaya saat parkir. Ciri-cirinya buzzer sensor akan nyala dan bisa di kontrol lewat MID.

"Jika di bagian depan atau belakang ada halangan secara otomatis fitur ini memberi isyarat lewat sensor aktif. Nantinya tanpa perlu menginjak pedal rem mobil akan otomatis berhenti tanpa menyenggol objek," ucap Didi kepada Kompas.com, Minggu (19/6/2022).

Baca juga: 3 Hari Operasi Patuh Candi 2022, Polres Demak Jaring 977 Pelanggar

Sony melanjutkan, pabrikan Toyota mendesain fitur ini pertimbangannya mencegah kecelakaan akibat kelengahan pengemudi yang salah menginjak pedal rem atau gas. Alhasil, tanpa perlu panik mobil akan otomatis berhenti dengan aman. 

Interior All New Avanza dan Veloz 2021.Kompas.com/Stanly Ravel Interior All New Avanza dan Veloz 2021.

"Kinerja sistem misoperation pedal control bergantung pada sistem drive assist yang terpasang di mobil," ucapnya. 

Namun, jika tidak membutuhkan fitur ini untuk mematikan juga cukup mudah, dengan sekali pencet, sampai logo lane departure warning menyala di panel instrumen bertuliskan OFF. Kemudian, tekan lagi tombol yang sama sekitar 1 detik, fitur akan otomatis menonaktifkan MPC sekaligus pre-collision warning and braking

Baca juga: Risiko jika Melakukan Perbaikan Kopling Setengah-setengah

Fitur front kamera bisa juga dimatikan, cukup mudah pertama menyetting menu Vehicle Settings lalu pilih Front Camera. Jika sudah tidak bekerja (Off) MID klaster akan menunjukan pengaturan front departure alert dengan indikator warna hijau yang bisa dimatikan atau dinyalakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.