Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Fitur Canggih MPC pada All New Veloz

JAKARTA-KOMPAS.com - All New Veloz resmi mengaspal di Tanah Air jelang akhir 2021. MPV murah yang kini sudah pisah produksi dengan Avanza tersebut, dihadirkan dalam dua varian, yakni Smart dan Premium. 

Khusus versi Veloz Q CVT TSS sudah mengusung perangkat keselamatan aktif seperti yang disematkan pada Toyota Raize. Bedanya, Veloz belum dilengkapi dengan fitur cruise control, namun sudah diberikan tambahan tiga mode berkendara serta new rear seat entertainment.

TSS pada Veloz terdiri dari Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar gun membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Spesial, ada fitur Misoperation Pedal Control (MPC) yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, sistem pengereman bekerja otomatis, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat. 

Lantas, sebenarnya bagaimana cara kerja fitur MPC pada Veloz baru? 

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, kinerja sistem pedal misoperation control bergantung pada sistem drive assist yang terpasang di mobil. Jadi, otomatis fitur ini akan aktif jika ada objek berbahaya saat parkir. Ciri-cirinya buzzer sensor akan nyala dan bisa di kontrol lewat MID.

"Jika di bagian depan atau belakang ada halangan secara otomatis fitur ini memberi isyarat lewat sensor aktif. Nantinya tanpa perlu menginjak pedal rem mobil akan otomatis berhenti tanpa menyenggol objek," ucap Didi kepada Kompas.com, Minggu (19/6/2022).

Sony melanjutkan, pabrikan Toyota mendesain fitur ini pertimbangannya mencegah kecelakaan akibat kelengahan pengemudi yang salah menginjak pedal rem atau gas. Alhasil, tanpa perlu panik mobil akan otomatis berhenti dengan aman. 

"Kinerja sistem misoperation pedal control bergantung pada sistem drive assist yang terpasang di mobil," ucapnya. 

Namun, jika tidak membutuhkan fitur ini untuk mematikan juga cukup mudah, dengan sekali pencet, sampai logo lane departure warning menyala di panel instrumen bertuliskan OFF. Kemudian, tekan lagi tombol yang sama sekitar 1 detik, fitur akan otomatis menonaktifkan MPC sekaligus pre-collision warning and braking. 

Fitur front kamera bisa juga dimatikan, cukup mudah pertama menyetting menu Vehicle Settings lalu pilih Front Camera. Jika sudah tidak bekerja (Off) MID klaster akan menunjukan pengaturan front departure alert dengan indikator warna hijau yang bisa dimatikan atau dinyalakan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/20/110200415/kenali-fitur-canggih-mpc-pada-all-new-veloz-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke