Salin Artikel

Sering Dianggap Sepele, Talang Air Mobil Ternyata Punya Fungsi Penting

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksesoris berupa Door visor atau yang akrab dikenal dengan talang air pada mobil tidak hanya memiliki fungsi sebagai hiasan saja namun keberadaannya memiliki fungsi yang sangat bermanfaat.

Biasanya, alat ini dipasang pada bagian atas jendela dengan cara direkatkan pada bracket yang tersedia di atas panel pintu.

Selain membuat tampilan mobil lebih menarik, talang air pada mobil ternyata memiliki fungsi penting terutama saat musim hujan. Namun, tidak semua pemilik kendaraan paham akan fungsi dari aksesori tersebut.

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, talang air mampu mencegah air masuk ke dalam kabin. Sehingga, berbagai tombol elektrik seperti panel yang menempel pada door trim terjaga tidak mengalami korsleting.

Selain itu, talang air memiliki fungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari guyuran air saat hujan saat membuka jendela mobil.

“Jadi, air dari atap dibuang ke depan dan ke belakang supaya tidak mengguyur kaca bagian samping,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Talang air juga memiliki fungsi meredam suara dari bising jalanan. Sebab, aksesori ini bisa mengarahkan aliran udara pada mesin ketika bergerak.

Namun, ada hal yang perlu diingat sebelum memasang talang air. Menurut Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, pemasangan aksesori tersebut sebaiknya dilakukan oleh ahlinya atau yang berpengalaman.

“Meski terkesan sederhana, pemasangan harus dilakukan pada ahlinya agar tidak terjadi kerusakan fungsi komponen lain dan hal-hal tak diinginkan lainnya,” kata Indah.

Bicara soal harga, talang air dibanderol dengan kisaran yang cukup terjangkau, mengingat aksesori ini tak butuh perawatan khusus. Rata-rata mulai dari Rp 250.000 sampai jutaan, tergantung dari jenis mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/20/102200615/sering-dianggap-sepele-talang-air-mobil-ternyata-punya-fungsi-penting

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.