Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMK Bikin Tim Balap, Ikut Yamaha Sunday Race 2022

Kompas.com - 19/06/2022, 12:51 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Dua tahun absen karena pandemi Covid-19, Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race 2022 kembali digelar. Balapan ini menjadi wadah balap untuk pebalap profesional dan komunitas.

Dalam balapan seri perdana, Minggu (19/6/2022), ada yang menarik karena dimeriahkan tim balap dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Walang Jaya, di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Baca juga: Jeep Indonesia Resmikan Diler Baru di Surabaya

Fahri Attamimy, guru sekaligus manager untuk divisi balap SMK Walang Jaya, mengatakan, tim balap ini bertujuan untuk memfasilitasi para siswa jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TSBM) untuk terjun langsung.

Yamaha Sunday Race 2022Foto: KOMPAS.com/Gilang Yamaha Sunday Race 2022

"Tim balap ini adalah salah satu divisi yang ada di walang jaya yang dipersiapkan sebagai media untuk siswa SMK untuk melatih bakat yang hobi otomotif khususnya sepeda motor. Karena kita sinkron dengan jurusan di SMK Walang Jaya yaitu TSBM di divisi balap," katanya di Sirkuit Sentul, Minggu (19/6/2022).

Fahri menjelaskan, tim balap mempunya dua pebalap. Satu pebalap kontrak dan satunya lagi karyawan alias staff dari SMK Walang Jaya, sedangkan mekanik berasal dari siswa aktif dan siswa yang sudah lulus.

"Pebalap ada dua joki, satu dari luar dan satu kami kontrak. Tapi mekanik semua dari kami dan masih aktif sekolah sampai saat ini ada yang masih kelas 10 dan 11, ada juga yang sudah lulus dan sudah kerja di Yamaha," katanya.

Baca juga: Update Kondisi Terakhir Marc Marquez Pasca-Operasi Keempat

Yamaha Sunday Race 2022Foto: Yamaha Yamaha Sunday Race 2022

Fahri mengatakan, para mekanik yang ikut tim balap ini diseleksi dari tiap kelas. Murid terbaik kemudian dilatih dan dipromosikan jadi mekanik.

"Kita disetiap kelas ada seleksi, karena kita sudah kerjasama dengan Yamaha dan kita buat ada Kelas Khusus Yamaha (KKY), mereka diseleksi dari masuk dan kurikulum disamakan dengan Yamaha. Ya kita SMK binaan Yamaha," kata dia.

Fahri mengaakan, dana operasional tim balap Walang Jaya semua disokong oleh pemilik sekolah langsung.

Yamaha Sunday Race 2022Foto: KOMPAS.com/Gilang Yamaha Sunday Race 2022

"Disupport oleh pemilk sekolah langsung dari beliu. Namun dari 2019 kita sudah cari sponsor, beberapa perusbahaan ternama sudah kerjasama dengan kita," katanya.

Di YSR 2022, tim balap Walang Jaya turun di dua kelas, yaitu R15 Comm A dan R25 Comm Pro.

"Divisi balap mulai 2018 akhir, turun perdana di 2019 awal alhamdulillah Juara 3, kemudian YSR berikutnya langsung juara, di balap Endurace 2019 kita langsung Juara 1," kata Fahri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com