Alasan Kawasaki Fokus Jualan Motor Sport di Indonesia

Kompas.com - 16/06/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki memilih jalan berbeda dari merek Jepang yang lain. Jika pabrikan lain "berebut kue" di pasar skuter otomatik, maka Kawasaki justru fokus di segmen sport atau motor batangan.

Michael C Tanadhi, Kepala Pemasaran dan Promosi Kawasaki Motor Indonesia (KMI), mengatakan, Kawasaki memang ingin berbeda dari merek lain dan sejak 2008 berusaha besar di segmen yang justru kurang dilirik.

Baca juga: Video Mobil Nyelonong Tabrak Pagar Akibat Lupa Rem Tangan

Kawasaki Ninja 250 ABS SE Smart Key 2022 warna Lime Green/Pearl Blizzard WhiteFoto: Kawasaki Kawasaki Ninja 250 ABS SE Smart Key 2022 warna Lime Green/Pearl Blizzard White

"Kalau untuk pasar motor memang kita di segmen yang ada di niche market. Kita tidak melihat pabrikan lain memfokuskan ke matik, tapi kita memang segmennya adalah komitmen kami dari tahun 2008 di Indonesia, akan full throotle, full gas di sport, motor dengan kopling," kata Michael di JIExpo, Kemayoran akhir pekan lalu.

Merek dengan induk Kawasaki Heavy Industries itu merupakan jenama yang paling banyak punya varian motor sport kelas 250cc. Produknya mulai dari 1-silinder, 2-silinder dan 4-silinder.

Kawasaki bahkan tidak punya motor di kelas 150cc, adapun yang mendekati ialah W175-Series berkubikasi 175cc. Itupun bergaya retro bukan model naked biasa yang peminatnya cukup besar di Indonesia.

Kawasaki Versys 650 2022KOMPAS.com/Adityo Wisnu Kawasaki Versys 650 2022

Kawasaki juga merupakan pabrikan yang jeli melihat segmen motor off road dengan melansir KLX150. Motor yang kemudian meramaikan pasar motor trail sehingga diikuti Honda CRF150L dan Yamaha WR155R.

Baca juga: 4 Kebiasaan Buruk yang Bikin Power Steering Cepat Rusak

"Market di Indonesia untuk off road memang tumbuh sejak kita mengeluarkan KLX Series," kata Michael.

Tak cuma dual purpose, Kawasaki juga melansir versi kompetisi dan versi off road tanpa pelat nomor. Mengincar para pehobi yang memang tak butuh perlengkapan jalan raya seperti lampu dan sepatbor.

Kawasaki juga satu-satunya pabrikan Jepang yang melansir supermoto. Merangkul para pecinta motor dual purpose untuk jalan raya. Jajajarannya cukup lengkap, mulai dari kelas 150cc, 230cc dan 250cc.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.