TVS Indonesia Siap Pasarkan Skuter Listrik iQube

Kompas.com - 16/06/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar motor listrik di Indonesia mulai ramai dengan kehadiran model-model baru. Namun produk tersebut umumnya datang dari merek baru yang tidak tergabung dalam Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI).

Menjawab keraguan konsumen akan motor listrik, TVS Indonesia rupanya telah menyiapkan produk motor listrik yang diberi nama iQube.

Jika tak ada aral melintang, kemungkinan inilah motor listrik berbasis baterai pertama yang akan dijual oleh anggota AISI secara luas.

Baca juga: Bule Eropa Kaget Lihat Modifikasi Vespa Ekstrem Indonesia

TVS iQubeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA TVS iQube

J Thangarajan, Presiden Direktur, PT TVS Motor Company Indonesia mengatakan, motor listrik iQube sudah siap dipasarkan di Indonesia.

“Jadi iQube sekarang dalam proses survei di konsumen,” ujar Thangarajan, kepada wartawan di JIExpo Kemayoran (15/6/2022).

“Kami akan perkenalkan setelah hasil testing kami dapat. Dan pasti harus ada perubahan, terhadap feedback konsumen,” kata dia.

Baca juga: Polisi Imbau Pengendara Motor Tidak Pakai Sandal Jepit, Ini Alasannya

Booth TVS di ajang Jakarta Fair 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth TVS di ajang Jakarta Fair 2022

Menurutnya, TVS masih menunggu waktu yang tepat sebelum melepasnya ke pasaran. Walaupun sebetulnya sudah ada sedikit unit yang bisa dibeli konsumen.

“Saat ini sebetulnya kami punya unit yang sangat terbatas, terutama bila konsumen sangat menginginkan. Tapi itu bisa kita bicarakan lebih lanjut, karena kami tidak buka secara umum kepada publik,” ucap Thangarajan.

Seperti diketahui, TVS resmi meluncurkan motor listrik TVS iQube di India pada awal 2022. Secara garis besar, desain TVS iQube ala skutik retro tapi dipadukan dengan sentuhan modern.

Baca juga: Jika Arogan, Mobil Pelat Nomor Dewa Akan Dicopot Legalitasnya

TVS iQubeFoto: GaadiWaadi TVS iQube

Fiturnya dilengkapi parking assist serta berbagai mode berkendara. Instrumen klaster bisa terkoneksi smartphone melalui Bluetooth dan aplikasi SmartXonnect.

Salah satu fitur menarik adalah tersedianya teknologi Regenerative Braking. Fitur ini memungkinan baterai mengisi ulang lewat daya yang dihasilkan ketika mengerem.

Spesifikasi TVS iQube menggunakan motor listrik 4,4 kW dengan jarak tempuh mencapai 75 km jika baterai terisi penuh.

Klaim akselerasi dari 0-40 kpj dalam 4,2 detik dan top speed 78 kpj. Bicara soal harga, di India TVS iQube dibanderol Rs 1,15 lakh atau setara Rp 20 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.