Polisi Catat 323 Pelanggar Selama 2 Hari Operasi Patuh Semeru 2022

Kompas.com - 15/06/2022, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua hari awal berjalannya Operasi Patuh Semeru 2022, ada sebanyak 323 pelanggar lalu lintas di Lamongan, Jawa Timur, yang tercatat kamera tilang elektronik atau ETLE.

Kasat Lantas Lamongan AKP Aristianto Budi Sutrisno menjelaskan bahwa kamera tilang elektronik terpasang di sejumlah titik, untuk mendukung jalannya Operasi Patuh Semeru 2022.

"ETLE statis maupun ETLE mobile telah menangkap 323 pelanggar lalu lintas di Kabupaten Lamongan. Jadi selama kita tertib berlalu lintas, tidak akan terekam oleh kamera ETLE," ucap Kasat Lantas Lamongan AKP Aristianto Budi Sutrisno seperti dikutip Kompas.com, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Jangan Pindahkan Tuas Transmisi ke D Saat Putaran Mesin Masih Tinggi

Namun, pelanggar yang terekam ETLE tidak langsung ditilang. Polisi akan mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada para pelanggar.

"Bagi yang melanggar, akan diberikan surat konfirmasi. Apakah benar melakukan atau kendaraan sudah berpindah tangan

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kesalahan tilang, misalnya jika kendaraan yang melanggar lalu lintas sudah berpindah tangan.

Sebagai informasi, Operasi Patuh Semeru 2022 dilakukan secara serentak mulai 13 Juni 2022 sampai dengan 26 Juni 2022 mendatang. Operasi berfokus kepada penindakan pelanggaran lalu lintas.

Penindakan juga akan lebih difokuskan kepada penindakan elektronik atau dengan menggunakan ETLE, bukan tilang secara manual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.