Kompas.com - 13/06/2022, 18:21 WIB
|

BADUNG, KOMPAS.com - Managing Director & Country CEO PID Marco Noto La Diega mengatakan bahwa perhelatan Vespa World Days (VWD) di Nusa Dua, Bali, Indonesia telah sukses dan menjadi yang terbesar di dunia.

Bagaimana tidak, tercatat bahwa peserta terdaftar dalam acara tersebut sebanyak 8.600 orang dari 15 negara. Kemudian pecinta Vespa yang tak terdaftar, yang berada di Pulau Pandawa, mencapai sekitar 15.000 orang.

Meski begitu, VWD tidak kembali ke Indonesia dalam waktu dekat. Paling tidak, hingga 2031 karena harus memberikan kesempatan untuk negara lain khususnya di wilayah Asia.

Baca juga: Cerita Pasangan Bule Italia Touring ke Bali demi Vespa World Days

Pulau Pandawa sebagai camping ground perhelatan VWD diramaikan oleh pecinta Vespa dari berbagai penjuru negeri, Sabtu (11/6/2022).KOMPAS.com/Ruly Pulau Pandawa sebagai camping ground perhelatan VWD diramaikan oleh pecinta Vespa dari berbagai penjuru negeri, Sabtu (11/6/2022).

"Vespa Wold Club setuju dengan top management Piaggio untuk adakan VWD satu tahun di Eropa setahun di Amerika, lalu di Asia. Terus berputar seperti itu sehingga Indonesia bisa saja dapat tiga tahun lagi," kata dia di Nusa Dua, Bali, Sabtu (11/6/2022).

"Tapi, kita tak ingin suatu negara melaksanakannya dua kali dalam waktu yang berdekatan karena tidak adil pada negara lain. Apabila Indonesia beruntung dan mau melaksanakannya lagi, mungkin pada 2031," lanjut Marco.

Adapun tujuan dari skema pelaksanaan VWD tiap tahun ini agar seluruh komunitas Vespa di dunia mendapatkan kesempatan yang sama untuk bersenang-senang dan berkumpul bersama pecinta Vespa lainnya.

Apalagi di Asia, yang diakui memiliki komunitas besar dengan antusias tinggi seperti Indonesia, Malaysia, dan juga Thailand.

Baca juga: Sisi Lain Vespa World Days 2022, Touring Jauh dan Tak Bisa Masuk Arena

Kondisi di Museum Vespa, Vespa World Days (VWD) 2020-22dok.PID Kondisi di Museum Vespa, Vespa World Days (VWD) 2020-22

"Rencana kami, VWD Asia berikutnya akan dilaksanakan pada 2025 di Filipina. Setelahnya, kita lihat lagi bagaimana komunitas dan progress-nya," ucap dia.

Diketahui, Bali menjadi tuan rumah pergelaran VWD pertama kalinya di luar Eropa. Event ini berlangsung mulai Kamis (9/6/2022) hingga Minggu (12/6/2022) kemarin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.