Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Podium Ganda Tim Red Bull Racing F1 di GP Azerbaijan 2022

Kompas.com - 13/06/2022, 12:40 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Max Verstappen dan Sergio 'Checo' Perez dari Tim Red Bull Racing F1 kembali meraih minggu yang baik. Max berhasil menjadi pemenang di GP Azerbaijan 2022 dan Checo menempati posisi kedua pada Minggu (12/6/2022).

Kemenangan ini merupakan ketiga kalinya bagi mereka berhasil meraih podium 1-2 di musim ini yang sebelumnya diraih di Emeilia Romagna, dan Catalunya. Kemenangan ke-6 bagi tim dari 8 balapan yang sudah digelar musim 2022.

Sri Adinegara selaku Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) memberikan apresiasi, dan bangga atas torehan prestasi gemilang secara berturut-turut kepada Tim Red Bull Racing F1 yang mampu mendominasi balapan di GP Azerbaijan serta menempatkan kedua pebalapnya lagi di podium.

Baca juga: Raihan Podium Ganda Red Bull Racing F1 di GP Emilia Romagna 2022

Kemenangan Tim Red Bull Racing F1 di GP AzerbaijanDOK. EXXONMOBIL Kemenangan Tim Red Bull Racing F1 di GP Azerbaijan

“Ini merupakan awal musim yang menarik bagi kami, 6 kali kemenangan sudah diraih Tim Red Bull Racing F1 dan podium ganda 1-2 untuk ketiga kalinya musim ini. Hasil kali ini menunjukkan bahwa mobil RB18 sangat bisa diandalkan mengawali musim Formula 1 2022” ujar Sri Adinegara dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (13/6/2022).

Walaupun keduanya memulai balapan dari posisi di belakang Tim Ferrari, namun Checo berhasil memimpin di tikungan pertama, dan pada akhirnya dapat menyelesaikan balapan usai melewati 51 lap, dan Verstappen memimpin 20 detik lebih dari Perez.

Sergio Perez kini makin dekat dengan persaingan titel Juara Dunia F1 2022, bersaing dengan Verstappen. Namun, musim balap masih panjang, akhir pekan nanti akan ada balapan di Montreal yakni GP Canada,” jelas Sri Adinegara.

Baca juga: Cara Mengecek Kondisi Transmisi Matik Mobil Bekas Saat Mau Dibeli

Verstappen mengakui bahwa mobil RB18 punya kecepatan yang bisa diandalkan di sirkuit sepanjang 6 kilometer tersebut.

“Terlihat dari kondisi ban dan serpihannya, serta dapat memimpin balapan. Sedikit beruntung dengan kompetitor menepi di lintasan, tapi memang mobil kami sangat bagus dan bisa mengejar ketertinggalan. Saya senang dengan pengendalian mobil,” ujar Verstappen.

Adapun Checo mengakui bahwa tim sudah mempersiapkan strategi yang baik untuk bisa meraih podium 1-2, meskipun dirinya berharap bisa sekuat di seri sebelumnya seperti di Monaco.

Tapi, dengan finis di posisi kedua, keinginannya untuk bisa bersaing di titel Juara Dunia F1 2022 semakin terbuka lebar dengan Verstappen.

Kemenangan Tim Red Bull Racing F1 di GP AzerbaijanDOK. EXXONMOBIL Kemenangan Tim Red Bull Racing F1 di GP Azerbaijan

“Kali ini masih belum maksimal persiapannya, dan banyak hal yang harus di sempurnakan dan dipahami. Tapi di akhir balapan hasil yang bagus buat tim. Verstappen lebih kuat di balapan kali ini dengan menggunakan ban kompon medium. Kini bersiap untuk balapan di Kanada!” ucapnya.

Pada klasemen sementara Juara Dunia F1 2022, Max Verstappen memiliki 150 poin bertengger di posisi puncak. Untuk posisi dua ditempati oleh Sergio Perez dengan perolehan 129 poin, mampu menggeser pembalap Ferrari, Charles Leclerc yang kini memiliki 116 poin.

Sri Adinegara menambahkan, bahwa balapan berikutnya di GP Canada, pada 19 Juni mendatang akan lebih menantang bagi kedua pembalap Tim Red Bull Racing F1.

“Sirkuit Gilles Villeneuve di Montreal kembali menggelar F1 setelah 2 musim tertunda akibat pandemi Covid-19, kemampuan kedua pembalap dan performa terbaik RB18 semoga saja bisa memetik podium kemenangan kembali,”ucap Sri Adinegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com