Kompas.com - 13/06/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelumas atau oli mesin merupakan salah satu komponen vital pada mobil. Tiap pabrikan juga pada umumnya sudah merekomendasikan jenis oli mesin tertentu sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

Selain yang direkomendasikan tiap pabrikan, sekarang ini ada beragam merek oli mesin yang dijual di pasaran. Jenisnya pun variatif, mulai mineral, sintetik, dan semi sintetik.

Setiap jenis pelumas menawarkan keunggulannya masing-masing. Meskipun, fungsi utamanya tetap sama, yakni melumasi komponen di dalam mesin.

Baca juga: Ganti Oli Mobil, Jangan Abaikan Volume Takarannya

Tak sedikit pemilik kendaraan yang tergiur untuk mencoba oli mesin lainnya yang berbeda dari yang selama ini sudah digunakan. Namun, perlu diketahui bahwa mengganti oli dengan merek yang berbeda bisa saja berdampak pada mesin.

Pelumas kendaraanwww.netwaste.org.au Pelumas kendaraan

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, gonta-ganti oli tidak bagus untuk kondisi mesin.

“Masing-masing merek (oli) mempunyai zat aditif yang berbeda beda, bisa membuat sludge (lumpur) kalau dicampur-campur,” kata Bambang, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bambang menambahkan, lumpur tersebut disebabkan karena saat penggantian pelumas tidak semua tidak semua oli akan terbuang keluar dari mesin. Dengan kata lain, masih ada sisa pelumas yang lama tertinggal di dalam ruang mesin.

Baca juga: Lupa Jadwal Servis, Begini Cara Cek Kualitas Oli Mesin Mobil

Sehingga, jika dalam kondisi tersebut dimasukkan lagi oli dengan jenis atau merek yang berbeda, dapat menyebabkan munculnya lumpur atau sludge pada ruang mesin.

Ilustrasi ganti oli mesin dieselStanly/Otomania Ilustrasi ganti oli mesin diesel

“Saat penggantian pastinya masih ada sisa oli di dalam ruang mesin, itulah yang menjadikan sludge (lumpur),” ujar Bambang.

Bambang menyarankan agar pemilik kendaraan setia pada satu jenis atau merek oli yang sama. Sehingga, dapat mencegah timbulnya lumpur dan kondisi mesin lebih terjaga.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.