Setelah 10 Tahun di Indonesia, Ertiga Kini Punya Pilihan Mesin Hybrid

Kompas.com - 10/06/2022, 09:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki Ertiga merupakan mobil di segmen low MPV atau MPV murah yang sudah hadir sejak 2012. Setelah 10 tahun mengaspal di Indonesia, Ertiga baru hadir pakai mesin hybrid.

Seperti diketahui, model generasi pertamanya mengusung mesin berkode K14B dengan kapasitas 1.373 cc, dengan tenaga 95 PS atau setara 93 tk dan torsi 130 Nm.

Generasi pertama Ertiga dibangun di atas platform Suzuki Swift generasi ketiga. Mobil ini juga di-rebadge oleh Mazda dengan nama VX-1.

Baca juga: Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Tahap Kedua

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Suzuki Indonesia (@suzuki_id)

Pada 2016, keluar Ertiga bermesin diesel. Menariknya mobil ini juga hadir dengan istilah hybrid, tepatnya Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Namun, teknologi di mobil ini masih tergolong sebagai mild hybrid. Di mana kombinasi antara tenaga listrik dan mesin bakar hanya dipakai sewaktu akselerasi awal.

Tenaga listriknya pun berasal dari aki, bukan baterai lithium seperti mobil hybrid kebanyakan. Di atas kertas, mesin diesel ini sanggup hasilkan tenaga 89 PS atau setara 87 tk dan torsi 200 Nm.

Baca juga: Sanksi untuk Mobil yang Pakai Aksesori Bumper Tanduk hingga Lampu Menyilaukan

Lantas pada 2018, Ertiga mendapat pembaruan menyeluruh. Sasisnya kini mengusung teknologi HEARTECT, seperti yang dipakai pada Baleno, Ignis, ataupun Swift.

Sementara mesinnya mengusung kode K15B berkapasitas 1.462 cc, yang bisa hasilkan tenaga 104 PS atau setara 102 tk dan torsi 138 Nm.

Kemudian, berselang empat tahun dari peluncuran generasi kedua Ertiga, Suzuki kembali meluncurkan model yang sama, tetapi dengan mesin yang berbeda.

Baca juga: Begini Cara Cek Tilang Elektronik di Jalan Tol secara Online

Unit Suzuki Ertiga bermesin diesel- Unit Suzuki Ertiga bermesin diesel

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, pihaknya berkomitmen membantu pengendara menghemat konsumsi bahan bakar serta berpartisipasi dalam upaya menurunkan emisi gas buang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.