Tak Sekadar Bikin Klimis, Ini Manfaat Lain Semir Ban

Kompas.com - 09/06/2022, 10:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan semir ban ternyata tak hanya sekadar membuat dinding karet menjadi klimis, tapi juga memiliki fungsi lain yang berkaitan dengan perawatan.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT. Gajah Tunggal Tbk mengatakan, penggunaan cairan semir juga berguna melindung ban dari ozon crack, atau keretakan pada dinding ban. 

“Seperti manusia, kalau pakai semir rambut apa yang terjadi? Rambut jadi lebih hitam dan mudah diatur. Itu dari sisi lainnya, tapi semir juga bisa mencegah ozon crack,” ujar Zulpata, kepada Kompas.com belum lama ini. 

Baca juga: Sudah Tahu soal Air yang Ada di Toilet Bus Berasal dari Mana?

Ozon crack merupakan istilah untuk menggambarkan keretakan pada ban. Kondisi ini juga terindentifikasi pada barang-barang yang terbuat dari karet, seperti selang gas, gasket, dan lainnya.

Ban mobil All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Ban mobil All New Subaru Forester S-EyeSight

Baca juga: Sudah Tahu soal Air yang Ada di Toilet Bus Berasal dari Mana?

Keretakan pada ban terjadi ketika gas O3 terpapar ke dalam jangka waktu tertentu. Hal tersebut menyebabkan ban memutus senyawa di dalamnya dan menciptakan retakan pada bagian dinding samping.

Namun, Zulpata menyarankan,  jika ingin menggunakan semir ban sebaiknya pilih produk dengan merek yang jelas.

Dinding ban mobil terkelupasKompas.com/Donny Dinding ban mobil terkelupas

Dalam arti memiliki merek yang terdaftar, produsen, nama perusahaan distributor atau PT pembuatnya, dan yang tidak kalah penting mencantumkan komposisi bahan-bahan campurannya. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.