Berkenalan dengan Mitch Evans, Juara Formula E Jakarta 2022

Kompas.com - 05/06/2022, 16:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Selandia Baru berusia 26 tahun Mitch Evans ramai diperbincangkan karena berhasil menjadi juara Formula E Jakarta 2022.

Ajang balap mobil listrik yang digelar pada 4 Juni 2022 tersebut menjadi torehan sejarah gemilang bagi pebalap kelahiran Auckland, Selandia Baru pada 24 Juni 1994 tersebut mewakili tim Jaguar TCS di ajang Formula E 2022.

Baca juga: Gresini Racing Berpotensi Lagi Naik Podium di MotoGP Catalunya


Kendati ajang Formula E belum sepopuler dan masih belia jika dibandingkan Formula 1, Mitch memiliki karir yang panjang hingga menjadi pebalap Formula E.

Mitch memulai karting pada usia enam tahun dan memenangkan NZ Grand Prix pada 16 tahun. Saat itu, dia menjadi pebalap termuda yang pernah memenangkan NZ Grand Prix.

Diasuh oleh mantan pebalap F1 yaitu Mark Webber, Mitch berhasil merebut gelar GP3 2012.


Kemudian, Mitch pindah ke GP2 pada 2013 saat usianya baru 18 tahun. Dia menjadi pebalap termuda dalam sejarah GP2 yang naik podium setelah finis ketiga di Sepang, Malaysia.

Selang tiga tahun, dia debut menjadi pebalap Formula E ABB FIA bersama Panasonic Jaguar Racing pada tahun 2016.

“Menurut saya ajang Formula E ke depannya akan kian berkembang seiring dengan ekosistem dan juga orang-orang yang sudah mulai melek dengan teknologi transportasi menggunakan listrik,” kata Mitch kepada Kompas.com di sirkuit Ancol beberapa waktu yang lalu. 

Torehan prestasi Mitch  yaitu menjadi salah satu pembalap tercepat di grid. Dia berhasil meraih serangkaian posisi pertama untuk Panasonic Jaguar Racing termasuk tim yang pertama kali menang di Formula E, pole position, pole position dan beberapa podium.

Pebalap Jaguar TCS Racing Mitch Evans saat merayakan kemenangan di podium Formula E Jakarta 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).KOMPAS.com/Benediktus Agya Pradipta Pebalap Jaguar TCS Racing Mitch Evans saat merayakan kemenangan di podium Formula E Jakarta 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).

Pria yang tidak menyukai makanan pedas tersebut mampu menyelesaikan musim kelima di posisi kelima klasemen pembalap hingga balapan terakhir.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.