Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anies Baswedan Numpang Safety Car Formula E, Perut seperti Ketinggalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat pengalaman menarik menjelang perhelatan Jakarta E-Prix, yang berlangsung di Sirkuit Ancol, Sabtu (4/6/2022).

Pada pagi hari sebelum kualifikasi berlangsung, Anies mendapat kesempatan mengelilingi Sirkuit Ancol menggunakan mobil safety car Formula E, Porsche Taycan Turbo S di kursi penumpang.

"Tadi pagi saya ikut di dalam safety car yang berputar mengelilingi sirkuit, bersama dengan pengemudi namanya Bruno, sebuah pengalaman yang luar biasa," kata Anies di lokasi, Sabtu (4/6/2022).

Anies duduk di kursi penumpang selama 4 menitan dan dibawa mengelilingi sirkuit sebanyak empat kali. Dia mengaku mendapat pengalaman luar biasa, sebab perutnya seperti tertinggal di belakang.

"Karena mobilnya berjalan sampai kecepatan hampir 200 kpj, dan dari (kecepatan) 0 kpj ke 100 kpj dalam 2 detik. Jadi rasanya buat seseorang yang bukan di bidang balap mobil itu pengalaman luar biasa, perut seperti tertinggal di belakang," kata Anies.

"Bayangkan dari nol ke 100 kpj dalam waktu kira-kira 2 detik. Akselerasi yang luar biasa dan memutari (sirkuit) dengan kecepatan yang luar biasa tinggi," katanya.

"Bukan karena (kecepatan) 200 kpj nya tapi karena akselerasinya, kalau 200 kpj pelan-pelan (bertahap), tapi ini dari nol langsung, kalah," kata dia.

Mobil listrik pertama buatan Porsche ini diklaim memiliki tenaga hingga 560 kW atau setara 761 tk dan torsi maksimal mencapai 940 Nm.

Tenaga dan torsi tersebut dialirkan secara linear ke seluruh roda melalui transmisi otomatis dua percepatan.

Dengan fitur launch control, tipe tertinggi mampu menyuplai torsi hingga 1.050 Nm. Akselerasi 0-100 kpj per jam dalam 2,8 detik dan dapat dipacu maksimal sampai 260 kpj.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/04/120100215/anies-baswedan-numpang-safety-car-formula-e-perut-seperti-ketinggalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke