Ini Bahaya Belajar Mengemudi Tanpa Instruktur

Kompas.com - 31/05/2022, 12:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan maut yang menimpa mobil Daihatsu Grand Max di Kapanewon Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (30/5/2022).

Diketahui, mobil tersebut sedang digunakan belajar menyetir. Sang anak yang bernama Oky, hendak mengajari ayahnya yang bernama Utama untuk mengemudi.

Namun, mobil tidak terkendali, menabrak pembatas embung dan jatuh ke dalam embung.

Akibat kejadian ini, Oky meninggal karena tenggelam setelah terimpit bagian belakang mobil.

Panewu Banguntapan I Nyoman mengatakan, selama ini kawasan embung tidak pernah digunakan untuk latihan menyetir mobil. Kawasan tersebut hanya digunakan bermain anak, dan dimanfaatkan lahan parkir jika ada kegiatan.

Baca juga: Jangan Asal, Belok Kiri Semua Pengendara Wajib Ikuti Rambu

“Baru kali ini ada orang yang berlatih menyetir mobil di area tersebut, apalagi korban memang bukan warga Banguntapan,” ucap Nyoman, dikutip dari Kompas.com, Selasa (31/5/2022).

Perlu digaris bawahi, belajar mobil tidak bisa dilakukan sembarangan, sebab ini menyangkut nyawa pengemudi dan pengguna jalan lain. Kemudian, latihan juga tidak bisa dilakukan sendiri, namun didampingi dengan instruktur menggunakan mobil khusus latihan.

Ilustrasi belajar mengemudi.DVSA via The Sun Ilustrasi belajar mengemudi.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, pemula yang ingin belajar mengemudi harus berlatih di tempat kursus yang baik.

“Pastinya wajib berlatih di kursus mengemudi yang terakreditasi, karena lebih aman. Mobil praktiknya dilengkapi dengan pedal emergency, dan dimentori oleh instruktur yang berpengalaman,” ucap Marcell.

Marcell mengatakan, instruktur pada kursus mengemudi yang terakreditasi sudah memiliki kurikulum dan kompetensi yang sesuai untuk mengajar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.