Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Innova Enggak Kuat Nanjak, Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 30/05/2022, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, ada video yang memperlihatkan satu Toyota Innova yang kesulitan melewati tanjakan. Lokasi kejadiannya ada di kawasan dataran tinggi Dieng menuju Desa Sembungan Jawa Tengah.

Pada video yang diunggah akun TikTok Deddy.traveler, terlihat juga Toyota Avanza yang bisa melibas tanjakan tersebut. Berbeda dengan Innova yang terhambat, Avanza nampak tidak ada masalah melewati tanjakan.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika mobil terpaksa diam di tanjakan karena tidak bisa menanjak, dan bagaimana cara melewati tanjakan tersebut?

Baca juga: Video Toyota Kijang Innova Gagal Nanjak, Dilewati Avanza Model Lama

@deddy.traveler Detik - detik Mogok di Tanjakan Terekstrim Dataran Tinggi Dieng menuju Desa Sembungan, Desa Tertinggi di Pulau Jawa #desasembungan #dieng #exploredieng #explorewonosobo ? suara asli - travelbydeddy_

 

Training Director safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana membagikan tips agar mobil bisa melewati tanjakan setelah gagal pada percobaan pertama.

Ada beberapa hal yang bisa membuat mobil terjebak, tidak bisa menanjak. Pertama karena tidak paham kendaraan sehingga salah operasional.

Kedua, kondisi kendaraan sudah tidak prima, baik sistem transmisi maupun bannya.

"Jadi kalau transmisi manual, ada kemungkinan koplingnya selip akibat sering setengah kopling atau kondisi plat kopling sudah tipis," ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (30/5/2022).

Baca juga: Hasil MotoGP Italia 2022, Bagnaia Juara, Quartararo dan Espargaro Podium


Tipsnya, mobil dimundurkan perlahan ke alas yang rata dan relatif panjang. Setelah kondisi mobil dingin terutama koplingnya, maju dengan momentum pakai gigi 1 dan tidak main kopling.

"Kalau autotransmisi otomatis, bisa tunggu atau berhenti di tempat sambil mendinginkan kopling jangan lupa ban diganjal. Setelah kira-kira 30 menit, coba lagi dengan gigi rendah dan dibantu tenaga manusia (didorong)," kata Sony.

Ketika coba menanjak lagi, usahakan mobil tidak dalam kondisi overload. Selain itu para penumpangnya juga diminta untuk turun agar beban kendaraan lebih ringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com