Video Viral Toyota Kijang Berpelat Diplomatik Halangi Laju Ambulans

Kompas.com - 26/05/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Insiden mobil yang menghalangi laju ambulans di jalanan kembali terjadi. Kali ini peristiwa dialami sebuah ambulans yang sedang dalam perjalanan membawa pasien.

Dilansir dari Instagram @merekamjakarta, ambulans ini dihalangi lajunya saat melintas di Jalan Pangeran Antasari, Cilandak Barat, Jakarta Selatan pada Rabu (25/5/2022) sekitar pukul 07.30 WIB.

Menurut keterangan awak mobil ambulans, saat itu ambulans sedang membawa pasien menuju Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati. Pasien tersebut merupakan seorang nenek berusia 74 tahun dan sakit komplikasi,” tulis keterangan video tersebut.

Baca juga: Jokowi Minta Tambah 10 Rest Area di Jalan Tol Jakarta-Semarang

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jakarta Lewat Kamera (@merekamjakarta)

Dalam video yang beredar terlihat, ambulans dihalangi oleh kendaraan dengan pelat nomor diplomatik CD 109 07.

Mobil Toyota Kijang itu tidak memberikan Jalan dan menghimpit ambulans. Kendaraan tersebut sudah diberikan teguran oleh pengemudi ambulans melalui pengeras suara, namun tidak dihiraukan.

Bukannya meminggirkan kendaraan, pengemudi Kijang malah menambah kecepatan untuk mendahului ambulans yang sedang membawa pasien.

Baca juga: Menerka Calon Mesin Vario 125 Terbaru, Pakai Punya Airblade?

Menanggapi kejadian ini, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam mengatakan, ambulans merupakan pengguna jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan sesuai dengan UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Oleh karena itu kendaraan ambulans yang mengangkut orang sakit memperoleh hak utama untuk didahulukan. Artinya kendaraan ambulans mendapatkan prioritas utama untuk didahulukan,” ujar Jamal dalam keterangan tertulis (25/5/2022).

“Bahkan alat pemberi isyarat lalu lintas atau traffic light dan rambu lalu lintas tidak berlaku bagi kendaraan yang memperoleh hak utama,” kata dia.

Baca juga: Kenali Musuh Utama yang Berpotensi Bikin Ban Mobil Pecah

Pemerintah Kabupaten Kampar saat menerima piagam penghargaan dari MURI setelah memecahkan rekor ambulans terbanyak di Indonesia, Jumat (20/5/2022).KOMPAS.COM/IDON Pemerintah Kabupaten Kampar saat menerima piagam penghargaan dari MURI setelah memecahkan rekor ambulans terbanyak di Indonesia, Jumat (20/5/2022).

Jamal juga mengingatkan agar masyarakat pengguna jalan yang mengetahui, melihat,dan mendengar sirine atau isyarat lampu kendaraan ambulans untuk mengurangi kecepatan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.