Kompas.com - 25/05/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pikap kabin ganda atau double cabin merupakan kendaraan kerja yang juga bisa digunakan untuk gaya. Tampilannya yang gagah memberi kesan tangguh saat dikemudikan.

Selain itu, ketika double cabin di bawa ke off road, maka kemampuannya juga bisa diandalkan. Mengingat kebanyakan model pikap kabin ganda ini sudah dilengkapi dengan penggerak empat roda (4x4).

Kali ini redaksi akan membandingkan dua double cabin yakni Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton. Secara tampilan, Hilux memang lebih sederhana, sedangkan Triton, desainnya lebih modern dengan model yang mengotak.

Baca juga: Ulik Perbandingan Interior Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton

Toyota Hilux FaceliftKOMPAS.com/ADITYO WISNU Toyota Hilux Facelift

Membahas fitur, pertama yang dibahas adalah jagoan dari Toyota, yakni Hilux. Untuk varian paling tinggi yakni V, berbagai fitur keselamatan aktif dan pasif turut dipasang pada Hilux.

Untuk sistem keselamatan aktif, Hilux dibekali dengan ABS, EBD dan Brake Assist, Vehicle Stability Control, Traction Control, dan Hill Assist Control. Sedangkan yang pasif, Hilux tipe V dilengkapi 7 airbags, dua di setir dan dashboard, lutut pengemudi, pilar, dan bangku.

Masuk ke bagian kabin, fitur Hilux tipe V cukup lengkap, misalnya seperti bangku pengemudi yang sudah full elektrik. Selain itu, bagian setir bisa diatur naik-turun (tilt) dan jauh–dekat (telescopic) jadi pengemudi bisa mendapatkan posisi mengemudi yang ergonomis.

Baca juga: Ini Daftar 22 Pebalap di Ajang Formula E 2022

Selanjutnya, di bagian bawah ini juga terdapat kenop putar untuk memilih roda penggerak, bisa 4x2 High (H2), 4x4 High (H4) dan 4x4 Low (L4).

Kemudian juga terdapat fitur locker belakang atau rear differential lock yang tombolnya ada di bawah pilihan penggerak.

Locker belakang ini cuma bisa diaktifkan ketika posisi kenop putar ada di 4L. Locker bisa diaktifkan ketika mobil tersangkut karena salah satu roda belakang kehilangan traksinya ke tanah.

Selain locker belakang, Hilux sudah dilengkapi dengan mode berkendara, ada Eco dan juga Power. Mode ini bisa dipilih lewat tombol yang ada di samping tuas transmisi sehingga mengubah karakter mesin ketika gas diinjak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.