Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bikin Calya Versi Listrik, Toyota Mau Kembangkan SDM Indonesia

KARAWANG, KOMPAS.com - Toyota Indonesia belum lama ini menggandeng tiga tiga perguruan tinggi untuk menggarap koversi Toyota Calya bermesin bensin menjadi penggerak motor listrik berbasis baterai.

Tiga perguruan tersebut adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Indonesia (UI).

Konversi Calya menjadi kendaraan listrik ini adalah upaya dalam mengembangkan dan menyambut era elektrifikasi di Indonesia.

Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, konversi Calya jadi mobil listrik bukan semata-mata mengenai produk, melainkan mengembangkan tenaga kerja orang Indonesia.

"Bagi kita ini bukan masalah hasil, tapi proses. Dalam proses itu kan ada learning-nya, bagaimana mereka mempelajari battery management system, elektrifikasi, jadi banyak disiplin ilmu baru yang mungkin dibutuhkan," ucap Bob di Karawang belum lama ini.

Bob menegaskan, dari konversi Calya listrik ini Indonesia diuntungkan karena bisa memperoleh pelajaran. Begitu juga menjadi cara untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) menghadapi era elektrifikasi.

"Kita pengen perubahan dari mobil konvensional jadi elektrik itu bisa dioptimalkan di Indonesia. Kita enggak bisa hanya mengandalkan nikel saja. yang penting itu SDM-nya," kata Bob.

Jangan sampai Indonesia hanya sebagai tempat menjadi pabrik saja karena nikel. Tetapi, manusianya juga harus bisa dan kompeten sehingga siap dan menjadi SDM yang baik menghadapi masa depan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/25/082200915/bikin-calya-versi-listrik-toyota-mau-kembangkan-sdm-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke