Segini Biaya Bikin Bus Mewah Jetbus Dream Coach di Karoseri Adiputro

Kompas.com - 23/05/2022, 17:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro beberapa waktu lalu meluncurkan model bus besar baru, yakni Jetbus Dream Coach.

Dream Coach ini merupakan jawaban Adiputro untuk operator yang membutuhkan bus dengan kabin super nyaman. Mengingat kabin Dream Coach dibuat layaknya kapsul berjalan, setiap penumpang bisa selonjoran selama perjalanan.

Bodi yang diluncurkan pada akhir 2021 ini sudah mulai banyak ditemui di jalan. Beberapa operator pun sudah menggunakannya, seperti Pandawa 87, New Shantika, Kalingga Jaya, dan Sinar Jaya.

Baca juga: Lihat Sopir Bus Berperilaku Bahaya, Penumpang Harus Segera Ingatkan

Kabin bus AKAP PO Kalingga JayaDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO Kalingga Jaya

Lalu untuk memboyong satu bus Dream Coach dari Karoseri Adiputro, berapa biaya yang harus disiapkan?

Perlu diingat, membuat satu bus utuh di Indonesia melewati dua tahap. Pertama, beli dahulu sasisnya di APM seperti Mercedes Benz, Hino, Scania, dan sebagainya. Kemudian sasis tadi dibawa ke karoseri untuk dibuatkan bodinya.

Untuk harga sasisnya akan sangat bervariasi, tergantung merek yang dipilih. Model sasis bus besar 4x2, harganya mulai dari Rp 800 jutaan sampai Rp 1,1 miliar.

Baca juga: Polisi Pelajari Aksi Sopir Pajero Sport yang Tampar Pengendara Yaris

Lalu untuk bodinya, Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, untuk bodi Dream Coach, harga bodi serta bagian kabinnya sekitar Rp 900 juta.

"Kalau Dream Coach itu harganya Rp 940 juta belum termasuk AC. Jadi sudah sama bangku dan sistem hiburan di setiap kapsulnya, begitu juga dengan toilet," ucap Yohan kepada Kompas.com, Senin (23/5/2022).

Sebagai perbandingan, bodi Jetbus yang satu lantai harganya sekitar Rp 500 juta, namun masih kosongan. Artinya harga tadi belum sama bangku serta sistem pendingin kabin (AC).

Jadi kalau dihitung, untuk membuat satu unit Jetbus Dream Coach, bisa siapkan uang mulai Rp 1,6 miliar, tanpa AC. Jika sudah dipasang AC atau ada tambahan lainnya, harga tersebut bisa naik sampai Rp 2 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.