Jawaban Honda Soal Mekanisme Buka Tutup Panoramic HR-V Dibuka Manual

Kompas.com - 23/05/2022, 12:22 WIB

MANDALIKA, KOMPAS.com - Salah satu fitur di Honda HR-V generasi terbaru yang sedang menjadi sorotan, yaitu Panoramic Glass Roof. Model sebelumnya sistem buka tutupnya dilakukan secara otomatis atau elektrik, tapi sekarang jadi manual.

Yoshitomo Ihashi, Large Project Leader of All-new Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd., Automobile Operations, Monozukuri Center menjelaskan, Berdasarkan konsep ingin memberikan sensasi lebih terbuka, atau lebih luas kepada konsumen terhadap pandangan alam.

Baca juga: KTM Usul Motor Balap MotoGP Lepas Winglet

All New Honda HR-V SEKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Honda HR-V SE

"Untuk HR-V generasi sebelumnya kenapa bisa pakai elektrik. Karena ukuran panoramic sunroofnya lebih kecil, kalau yang sekarang lebih besar ukurannya sehingga lebih luas pemandangannya," tutur Ihashi pada sesi test drive Honda HR-V di Sirkuit Mandalika, Senin (23/5/2022).

Ihashi menjelaskan, sebenarnya tidak ada masalah jika dibuat elektrik, tapi karena secara konsep ingin lebih besar, maka diputuskan diubah menjadi manual untuk sistem buka-tutup tirainya.

Baca juga: Diterapkan Bulan Depan, Tidak Ada Biaya Saat Ganti Pelat Nomor Putih

All New Honda HR-V SEKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Honda HR-V SE

"Kalau dibuat elektrik akan memakan ruang seperti HR-V lama, jadi rel itu sendiri sudah memakan tempat sehingga diubah menjadi manual," kata dia.

Honda bahkan mengklaim panoramic sunroof HR-V generasi baru sudah low econ, di mana bisa menahan panas sinar UV. Sehingga saat berkendara walaupun kondisinya dibuka tidak akan terasa panas untuk pengendara, atau penumpang sehingga tetap nyaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.