Kompas.com - 22/05/2022, 12:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keseriusan Indonesia untuk memulai era elektrifikasi kendaraan bermotor mendapat sambutan baik dari berbagai produsen otomotif.

Salah satunya adalah Toyota yang diam-diam menggandeng tiga universitas negeri untuk mengubah Toyota Calya menjadi mobil listrik.

Ketiga universitas tersebut adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Indonesia (UI) dan Institute Teknologi Bandung (ITB).

Melalui ajang webinar bertajuk ‘Aktifitas Riset Universitas Sebagai Bagian Upaya dalam Mengembangkan Populasi Kendaraan Elektrifikasi’, ketiga Universitas tersebut memberikan penjelasan konversi Toyota Calya menjadi listrik.

Baca juga: Toyota Luncurkan Kijang Innova Hybrid Akhir Tahun Ini?

Dosen Teknik Mesin Universitas Indonesia Mohammad Adhitya mengatakan, pihaknya melakukan konversi Toyota Calya menjadi versi listrik menggunakan baterai dari Toyota Prius.

“Untuk bisa mengubah Toyota Calya menjadi listrik, kita harus lebih dahulu mengetahui tipe kendaraan baik secara dimensi, jumlah penumpang, berapa kecepatan kendaraan. Sehingga bisa mengetahui jenis dan daya mesin serta transmisi,” kata Adhitya dalam webinar, Jumat (21/5/2022).

Dalam menaruh motor penggerak, menurut Adhitya juga tidak bisa dilakukan sembarangan, sebab hal ini menentukan berat atau weight distribution dan handling.

Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019

“Jadi harus diketahui di mana kita akan menaruh motor penggerak apakah depan, di tengah atau belakang,” katanya.

Hal ini bertujuan agar konversi kendaraan listrik tetap aman, tidak merubah tampilan maupun bentuk kendaraan asli.

“Akomodasi ruang kabin tidak banyak berubah, informasi pada kendaraan asli seperti speedometer tetap tersedia. Teknik mengemudi mobil listrik juga tidak berbeda dengan kendaraan aslinya,” ucap Adhitya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.