Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Kabin Mobil Makin Mewah Pakai Ambient Light

Kompas.com - 19/05/2022, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur ambient light atau lampu latar interior biasanya sudah disematkan pada mobil premium seperti BMW atau Mercedes-Benz. Dengan ambient light kabin mobil akan terasa lebih mewah dan atraktif.

Selebihnya, lampu ambient juga memudahkan pengemudi maupun penumpang dalam pengaturan mobil khususnya pada malam hari.

Jika mobil Anda yang belum memiliki fitur ambient light juga bisa dipasang. Salah satunya di Dharma Audio, gerai yang menyediakan sistem hiburan mobil.

Baca juga: Beli Mobilio Bekas Taksi, Harga Mulai Rp 90 Jutaan

Felix Saimin, General Manager Dharma Audio mengatakan, pada dasarnya sistem ambient light bisa dipasang pada setiap mobil, hanya saja harus memperhatikan layout di kabin.

“Jadi kita melihat dulu layout mobilnya seperti apa, ada yang bisa diaplikasikan ada yang tidak. Seperti contoh, Honda Freed layout-nya kurang cocok, kayak door trim dan dasbornya itu dari plastik. Jadi tidak bagus kalau dipasang ambient light,” ucap Felix saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/5/2022).

ambient lightinstagram.com/dharmaaudio ambient light

Menurut Felix, penting untuk melakukan pengecekan layout pada kabin, sebab hal ini terkait dengan nilai estetika interior mobil.

“Jadi sebisa mungkin kita buat seperti bawaan aslinya,” kata dia.

Pemasangan ambient light di Dharma Audio menggunakan produk aftermarket, dengan pilihan 64 warna yang bisa diganti melalui tombol ataupun aplikasi yang diunggah pada ponsel.

Baca juga: Adu SUV CBU Jepang, Subaru Forester Vs Mazda CX-30

Adapun untuk pemasangan ambient light membutuhkan waktu 1 hari, dengan kisaran harga Rp 3,5 juta tergantung dari jenis mobil dan tingkat kesulitannya.

“Kisaran harganya Rp 3,5 juta, itu sudah meliputi doortrim depan-belakang, dasbor, foot light,” ucap Felix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com