Mau Pasang Kamera 360 di Mobil, Siapkan Dana Rp 5 Juta

Kompas.com - 19/05/2022, 12:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan perkembangan zaman, mobil keluaran terbaru sudah dibekali dengan fitur canggih, salah satunya adalah kamera 360.

Fitur kamera 360 merupakan sistem yang dipasang di area sekitar mobil yang fungsinya mampu memberikan visibilitas mobil dalam tampilan 360 derajat.

Sehingga pengemudi bisa melihat sisi samping, depan, belakang hingga atas dari kendaraan tersebut.

Umumnya, fitur ini disematkan pada mobil menengah ke atas. Namun, seiring berjalannya waktu, fitur kamera 360 ini juga sudah disematkan pada mobil kelas menengah seperti Toyota Veloz.

Baca juga: Plaza Subaru Belum Mau Jual Mobil Listrik atau Hybrid

Adapun bagi mobil yang belum punya kamera 360, kini sudah ada produk aftermarket yang bisa dibeli.

Felix Saimin, General Manager Dharma Audio mengatakan, fitur kamera 360 saat ini banyak diminati oleh konsumen otomotif.

“Pada dasarnya fitur ini plug and play, dan bisa dipasang di mobil-mobil yang . Jadi mobil nantinya akan dipasang empat kamera, di bagian depan-belakang, spion kiri-kanan,” ucap Felix saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/5/2022).

Kamera 360instagram.com/dharmaaudio Kamera 360

Adapun untuk head unit mobil yang akan dipasang harus mendukung fitur kamera atau memiliki lubang saluran AV in out.

“Biasanya kita akan tawarkan ke konsumen untuk paket head unit upgrade. Selain kualitas gambar jauh lebih tajam, kamera bisa langsung diakses melalui head unit dari bawaan kita sendiri,” kata Felix.

Felix melanjutkan, pemasangan kamera 360 ini biasanya memerlukan waktu berjam-jam hingga ada yang dua hari, tergantung dari tipe mobil dan tingkat kesulitannya.

Pasalnya, mekanik memerlukan waktu memasang kabel untuk keamanan listrik serta menentukan posisi kamera yang tepat.

Baca juga: Pelaku Konversi Mobil Listrik Tuntut Legalitas

“Pengerjaannya kurang lebih 4 sampai 5 jam, tetapi tergantung dari tingkat kesulitan mobilnya. Misal untuk Avanza, Veloz, BR-V atau mobil Jepang itu paling lama 1 hari, kalau mobil Jerman bisa 1 sampai 2 hari,” kata dia.

Soal harga, untuk pemasangan kamera 360 di Dharma Audio membutuhkan kisaran biaya Rp 5 sampai Rp 8 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.