Pentingnya Aktifkan Rem Tangan Saat Berhenti di Lampu Merah

Kompas.com - 16/05/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara penuh konsentrasi serta memikirkan faktor keamanan merupakan pedoman berkendara yang harus dilakukan oleh setiap pengemudi. Tak hanya pada saat mobil berjalan, namun juga ketika berhenti di lampu merah.

Guna menghentikan laju kendaraan pada saat berhenti di lampu merah, ada dua cara yang bisa dilakukan pengemudi, yakni dengan menggunakan rem kaki atau pakai rem tangan (handbrake) untuk menahan mobil.

Meskipun kedua cara tersebut sama-sama bertujuan membuat mobil tidak bergerak sampai di lampu merah, namun tingkat keamanannya berbeda.

Baca juga: Berbahaya, Jangan Bawa Payung Sambil Berkendara Motor

Jangan sampai kejadian seperti dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia.

Dalam rekaman tersebut, memperlihatkan detik-detik mobil SUV menabrak kendaraan yang berada di depannya saat berhenti di lampu merah.

Mobil tersebut tiba-tiba melaju tak terkendali hingga menabrak bajaj yang berada di depannya.

Insiden ini tentu dapat dicegah apabila pengemudi tersebut menggunakan parkir brake atau rem tangan. Sehingga ketika pengemudi hilang konsentrasi dan refleks menginjak peda gas, mobil tidak akan meluncur ke depan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ketika berhenti di lampu merah sebaiknya pengemudi menggunakan fitur parking brake atau menggunakan rem tangan.

“Saat berhenti di lampu merah sebaiknya menggunakan parking brake atau hand brake karena jauh lebih aman,” ucap Marcell belum lama ini kepada Kompas.com.

Marcell menjelaskan, cara ini dinilai lebih aman karena pada saat berhenti di lampu merah, pengemudi bisa saja terdistraksi dengan hal lain yang membuat tidak fokus atau kurang konsentrasi. Hal ini dapat membuat pengemudi secara tidak sadar melepaskan kaki dari pedal rem.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.