Bukan Sekedar Aksesoris, Kick Starter Harus Sering Dipakai

Kompas.com - 15/05/2022, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat pagi hari tiba, sudah menjadi rutinitas untuk memanaskan motor. Kondisi motor yang sudah didiamkan lebih dari delapan jam membuat mesin sudah kembali dingin.

Ada kebiasaan bagi pengendara  untuk langsung menyalakan mesin dengan electric starter dibandingkan dengan kick starter saat pertama kali menyalakan motor. Konon hal ini membuat aki motor cepat tekor.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Mengendarai Motor Memakai Rok Berbahaya

Menanggapi hal ini, Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS Daya Adicipta Motora (DAM), membenarkan hal tersebut.

Wahyudi mengatakan, dirinya sangat menyarankan kepada para pemilik motor untuk menggunakan kick starter saat pertama kali memanaskan motor.

"Jika langsung di-starter, beban untuk aki terlalu besar untuk cranking awal. Bisa bikin aki performanya cepat turun," ujar Wahyudin, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Kick Starter motor- Kick Starter motor
Kick Starter motor- Kick Starter motor

Wahyudin menambahkan, jika menggunakan kick starter terlebih dulu sebanyak tiga sampai lima kali, bisa membuat friksi awal yang baik untuk cycling engine-nya. Oli setidaknya bisa mulai terpompa ke seluruh komponen mesin.

"Sehingga, bisa memudahkan mesin saat awal dihidupkan," kata Wahyudin.

Baca juga: Begini Cara Padamkan Api Motor Terbakar, Jangan Langsung Pakai Air

Untuk motor matik dan motor sport sekarang ini, penggunaan kick starter sudah mulai ditinggalkan. Sebab, sistem electric starter yang digunakan sudah lebih canggih. Sehingga, tidak perlu lagi khawatir aki akan cepat tekor.

Kick starter pada motor matic Honda- Kick starter pada motor matic Honda

 

Sedangkan untuk oli yang mengendap, biasanya terjadi pada motor-motor lama. Sementara untuk motor baru, teknologinya juga sudah cukup canggih. Mampu menahan oli, khususnya di bagian boring dan piston.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.