Mencuci Mobil Harus Dimulai dari Bagian Bawah

Kompas.com - 15/05/2022, 09:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com — Memastikan kendaraan tetap bersih sehingga nyaman ketika akan digunakan sangatlah penting. Oleh karena itu, setiap pemilik mobil tidak boleh malas mencuci kendaraan.

Kegiatan mencuci mobil bisa dilakukan ke salon kendaraan terpercaya atau dilakukan sendiri.
Namun, masih banyak pemilik mobil yang mencuci dengan cara yang salah.

Kendati, terlihat sepele, teknik mencuci mobil yang salah akan membawa dampak buruk pada kendaraan.

Baca juga: Awas Lecet, Ini Cara Mencuci Mobil yang Benar

Owner Ceria Car Wash Bintaro, Haiqal menyarankan agar pemilik mobil yang hendak mencuci mobil secara mandiri harus memperhatikan titik yang paling kotor terlebih dahulu. Titik yang paling kotor di mobil yaitu bagian kaki-kaki seperti pelek dan kolong fender.

“Setelah kaki-kaki mobil dicuci bersih, langsung bilas. Jangan lupa sediakan dua ember air agar kotoran yang sudah terangkat dari kaki-kaki tidak ikut tercampur saat ingin mencuci bagian mobil,” kata Haiqal.

Ilustrasi mencuci mobil di rumah- Ilustrasi mencuci mobil di rumah

Langkah selanjutnya yaitu mencuci bodi mobil dengan wadah dan busa yang baru. Untuk prosesnya, bisa dimulai dari bagian atap mobil, setelah itu baru turun ke sekeliling kaca dan terakhir bodi tengah sampai bawah.

Baca juga: Tips Merawat Cat Mobil, Jangan Sering Parkir di Tempat Lembab

“Penting untuk diperhatikan, cara membersihkan mobil yang benar adalah dengan gerakan dari atas ke bawah, jangan menggunakan gerakan sebaliknya atau gerakan memutar, karena hal tersebut akan menyebabkan debu dan kotoran menyebar atau kembali ke permukaan,” kata Haiqal.

Jika seluruh bagian mobil sudah dibilas dengan air bertekanan, selanjutnya segera keringkan dengan lap chamois atau yang biasa dikenal dengan lap kanebo.

Bila tidak dikeringkan akan menimbulkan kerak mineral atau jamur dari sisa air bilasan pada mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.