Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bersihkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Kompas.com - 11/05/2022, 18:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 
JAKARTA, KOMPAS.com – Usai melakukan perjalanan jauh, noda atau partikel aspal kerap menempel di ban, pelek, bahkan bodi mobil.

Noda aspal yang menempel kerap sulit dihilangkan. Biasanya, kejadian ini terjadi saat melintasi jalan aspal yang belum terlalu kering.

Jika dipaksakan untuk menghilangkan aspal yang menempel dapat merusak cat mobil. Oleh karena itu, mau tidak mau pemilik mobil harus menggelontorkan dalam lebih untuk ke salon kendaraan.

Baca juga: Fitur Auto AC di Mobil Efektif Bikin Kabin Sejuk Saat Cuaca Panas

Agar tidak perlu ke salon mobil, dibutuhkan cara khusus untuk membersihkan aspal yang menempel di lapisan cat mobil.

Muhammad Edy, Sales and Technical Product PT Mega Auto Prima (Sonax) menyarankan pemilik mobil untuk mencuci setelah dipakai sebagai langkah awal. Tujuannya, agar debu pasir tidak membuat bodi mobil menjadi baret atau lecet.

Pengaspalan lapisan akhir zona 2 sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara, Jumat (25/3/2022).KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Pengaspalan lapisan akhir zona 2 sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara, Jumat (25/3/2022).

"Untuk kondisi noda aspal yang tidak terlalu parah, bisa menggunakan clay bar. Sementara untuk noda yang cukup parah, bisa menggunakan tar remover," kata Edy kepada Kompas.com.

Sementara itu, Marketing Support HD Car Care, Paskalis Carol menyarankan untuk menggunakan tar remover guna membersihkan aspal yang menempel.

Baca juga: Begini Cara Padamkan Api Motor Terbakar, Jangan Langsung Pakai Air

Cara cukup mudah yaitu hanya menyemprotkan permukaan yang akan dibersihkan. Setelah itu tunggu sekitar 30 detik sampai 60 detik, lalu lap dengan kain microfiber.

"Biasanya, jika panel bodi mengandung aspal, maka foam yang disemprotkan akan berubah warna menjadi coklat," kata Paskalis.

Setelah noda aspal hilang, sebaiknya lakukan perawatan dengan maksimal. Misalnya menggunakan polish dan wax agar mengembalikan warna cat menjadi cerah kembali. Tidak hanya itu saja, ini tersebut juga bisa memberikan perlindungan pada cat mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com