Berapa Suhu Ideal Kerja Mesin Mobil?

Kompas.com - 11/05/2022, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin merupakan komponen penting yang ada pada kendaraan. Tanpa mesin, tidak ada tenaga yang dihasilkan untuk menggerakkan roda sehingga bisa berjalan.

Untuk bisa bekerja dengan efisien, mesin mobil punya suhu ideal. Artinya, mesin akan bekerja maksimal pada suhu tertentu, tidak terlalu dingin atau kepanasan.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, mesin punya suhu kerja ideal sekitar 80 derajat celsius.

Baca juga: Anjuran Suhu AC Mobil yang Tepat Saat Mudik, Jangan Asal Dingin

Lampu indikator suhu radiator pada mobilcarfromjapan.com Lampu indikator suhu radiator pada mobil

"Sekitar 82 derajat celsius dan tidak terpengaruh terhadap suhu udara luar. Setiap pabrikan mungkin berbeda (suhunya), tapi kebanyakan atau rata-rata segitu," kata Didi kepada Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Untuk menjaga mesin tetap berada pada suhu kerja yang ideal, ada komponen bernama termostat. Fungsinya adalah untuk mengatur sirkulasi udara dingin dengan menahan cairan pendingin sehingga tidak akan sampai ke radiator.

Baca juga: Aksi Bajing Loncat Kembali Terjadi di Bandar Lampung

"Selain itu, termostat juga berfungsi untuk mempertahankan temperatur agar suhunya tetap dalam batas, juga untuk membuka saluran pada mesin yang akan menuju radiator," ucap Didi.

Jadi saat pagi dan mesin dalam kondisi masih dingin, posisi katup termostat akan menutup. Ketika mesin mulai panas, baru katup tadi terbuka dan menjaga suhu kerja ideal mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.