Kompas.com - 11/05/2022, 08:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai hasil survei sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budik Karya Sumadi mengatakan, penyelenggaran mudik Lebaran 2022 didominasi kendaraan pribadi.

Berdasarkan data, tercatat kendaraan yang melintas di jalan tol keluar Jabodetabek meningkat 1,7 persen dibanding Lebaran 2019. Sementara yang kembali naik 11,8 persen.

"Riset kami bahwa kendaraan pribadi mendominasi sekitar 47 persen dari total pergerakan memang terbukti dan pergerakannya ada di waktu-waktu tertentu. Jadi ini harus dikelola dengan baik," ucap Budi, ketika konferensi pers penutupan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022, Selasa (10/5/2022).

Baca juga: Interior Toyota New Voxy, Terasa Gelap tapi Elegan

Tak hanya itu, meski kendaraan pribadi mendominasi, tapi di lain sisi terjadi penurunan angka kecelakaan 45 persen berdasarkan data dari Polri.

Budi menjelaskan, turunnya kecelakaan lalu lintas pada musim mudik tahun ini juga dibarengi dengan berkurangnya pemudik yang menggunakan motor.

"Saya sampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, karena sangat beresiko," kata Budi.

Baca juga: Viral, Mobil Dinas Ngetem Sampai Bikin Macet Bandara Soetta

Lebih lanjut Budi meminta jajarannya, bersama dengan seluruh pemangku kepentingan melakukan analisis dan evaluasi penyelenggaraan mudik 2022, serta membuat perbaikan dan terobosan untuk tahun selanjutnya.

Foto udara kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Polri memprediksi sebanyak 1,9 juta kendaraan akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada periode arus balik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Foto udara kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Polri memprediksi sebanyak 1,9 juta kendaraan akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada periode arus balik Lebaran 2022.

Tak hanya itu, meski posko terpadu resmi ditutup, tapi Budi menegaskan pemantauan dan pengendalian akan tetap dilakukan mengingat perjalanan arus balik masih berlangsung usai adanya imbauan untuk menunda sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.