Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Pribadi Mendominasi Pergerakan Mudik 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai hasil survei sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budik Karya Sumadi mengatakan, penyelenggaran mudik Lebaran 2022 didominasi kendaraan pribadi.

Berdasarkan data, tercatat kendaraan yang melintas di jalan tol keluar Jabodetabek meningkat 1,7 persen dibanding Lebaran 2019. Sementara yang kembali naik 11,8 persen.

"Riset kami bahwa kendaraan pribadi mendominasi sekitar 47 persen dari total pergerakan memang terbukti dan pergerakannya ada di waktu-waktu tertentu. Jadi ini harus dikelola dengan baik," ucap Budi, ketika konferensi pers penutupan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022, Selasa (10/5/2022).

Tak hanya itu, meski kendaraan pribadi mendominasi, tapi di lain sisi terjadi penurunan angka kecelakaan 45 persen berdasarkan data dari Polri.

Budi menjelaskan, turunnya kecelakaan lalu lintas pada musim mudik tahun ini juga dibarengi dengan berkurangnya pemudik yang menggunakan motor.

"Saya sampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, karena sangat beresiko," kata Budi.

Lebih lanjut Budi meminta jajarannya, bersama dengan seluruh pemangku kepentingan melakukan analisis dan evaluasi penyelenggaraan mudik 2022, serta membuat perbaikan dan terobosan untuk tahun selanjutnya.

Tak hanya itu, meski posko terpadu resmi ditutup, tapi Budi menegaskan pemantauan dan pengendalian akan tetap dilakukan mengingat perjalanan arus balik masih berlangsung usai adanya imbauan untuk menunda sebelumnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/11/083100215/mobil-pribadi-mendominasi-pergerakan-mudik-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke