Jangan Malas Bersihkan Kerikil Kecil yang Nyelip di Ban

Kompas.com - 10/05/2022, 18:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com — Pada saat libur Lebaran, mobil telah melewati berbagai rute dan medan jalan. Mulai dari aktivitas untuk mudik, hingga berkendara menuju tempat wisata.

Maka dari itu, mobil rentan alami berbagai masalah pada beberapa komponen. Agar stamina mobil tetap terjaga, pemilik kendaran wajib memeriksa dan memelihara kesehatan mobil usai libur Lebaran.

Baca juga: Polda Metro Jaya Catat 163 Laka Lantas Selama Operasi Ketupat Jaya 2022

Ban mobil menjadi satu-satunya bagian yang selalu bersentuhan dengan permukaan jalan. Maka dari itu, ban mobil membutuhkan perawatan secara berkala guna menjaga kondisinya agar tetap prima dan dapat berfungsi dengan optimal.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal mengatakan jika ada beberapa hal yang harus dilakukan pemilik mobil saat merawat ban mobilnya.

“Cek rutin kerusakan ban, misalkan ada bagian yang sobek. Kemudian periksa juga benda-benda kecil seperti batu yang menempel pada telapak ban, sebisa mungkin agar dibersihkan,” kata Zulpata kepada Kompas.com.

Ilustrasi pengecekan ban mobil.Dok. Bridgestone Ilustrasi pengecekan ban mobil.

Seiring dengan pemakaiannya di berbagai kondisi jalan, kerap ditemukan benda-benda kecil seperti batu kerikil yang menempel pada sela-sela alur kembangan ban.

Jika dibiarkan, benda-benda tersebut akan menyebabkan kerusakan pada permukaan ban.
Selanjutnya adalah menjaga tekanan udara dalam ban.

Baca juga: Pahami Pentingnya Mengecek Kondisi Mobil Usai Dipakai Mudik

Lakukan pemeriksaan tekanan udara pada ban untuk memastikan agar tekanan ban tetap sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Yang terakhir adalah melakukan penyemiran pada ban. Tindakan ini jadi salah satu cara dalam merawat ban. Selain terlihat bersih, menyemir ban bisa menjaga keawetan permukaan ban.

“Saat menyemir gunakan semir khusus untuk agar ban selalu kelihatan bersih dan hitam. Ini juga untuk mencegah guratan-guratan halus pada dinding ban akibat ozon crack,” kata Zulpata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.